5 Tips Lolos KPR agar Diterima Bank

Selasa 06-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips lolos KPR agar diterima Bank tentu saja perlu kalian lakukan untuk mendapatkan rumah impian. KPR sendiri telah tersedia di banyak bank di Indonesia saat ini, sehingga kalian memiliki keleluasaan untuk memilih penawaran KPR terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu langkah untuk kalian yang ingin membeli rumah. KPR menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan hunian impian dengan beragam penawaran menariknya. Karena itu, tips lolos KPR agar diterima Bank perlu kalian ketahui. 

Pinjaman KPR bisa digunakan untuk membeli rumah baru atau bekas. Mengajukan KPR memang bisa dilakukan oleh banyak orang. Namun untuk membuat pengajuan KPR tersebut lolos dan diterima oleh pihak bank bukanlah hal yang mudah dan tidak semua dari kalian dapat kesempatan tersebut. Untuk itu, tips lolos KPR agar diterima Bank menjadi solusi tepat yang bisa kalian lakukan. 

Lalu, apa saja tips lolos KPR agar diterima Bank? Berikut ada beberapa langkah efektif yang bisa kalian coba dan terapkan untuk mendapatkan rumah hunian impian kalian. 

BACA JUGA:7 Penyebab KPR Ditolak dan Cara Mengatasinya

Tips Lolos KPR Agar Diterima Bank 

1. Menyediakan Down Payment

Tips lolos KPR agar diterima Bank yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menyiapkan down payment sesuai dengan perhitungan bank. Umumnya jumlah down payment yang perlu disiapkan dalam mengajukan permohonan KPR berkisar antara 10% hingga 15% dari nilai total rumah yang akan dibeli sesuai dengan pihak bank masing masing. 

2. Wajib Memilih Developer yang Bisa Dipercaya

Tidak hanya membangun dan merekomendasikan rumah yang akan kalian miliki, developer juga bertanggung jawab secara penuh dalam mengurus segala administrasi serta dokumen penting terkait rumah yang kalian pilih. Untuk itu, jika developer tidak bisa bertanggung jawab atas semua tugasnya, tentu akan merugikan bagi kalian sendiri. 

Pasalnya dari semua kelalaian developer tersebut, kalian wajib membayarkan cicilan KPR yang telah diajukan ke Bank. Untuk itu, penting bagi kalian memilih developer yang terbaik agar tidak merugikan kalian dimasa depan. Umumnya, banyak bank telah menyediakan developer yang bekerja sama dengan bank penyedia KPR. Kalian bisa mengandalkan keuntungan tersebut sebab pengajuan KPR kalian akan lebih lancar. 

BACA JUGA:5 Tips Lolos Pinjaman KPR Rumah agar Cepat Disetujui Bank, Berlaku di Semua Bank!

3. Sesuaikan Rumah yang Diinginkan Dengan Penghasilan

Tips lolos KPR agar diterima Bank yang lainnya yaitu rumah yang dibeli sesuai dengan jumlah penghasilan yang kalian terima setiap bulannya. Karena pada dasarnya, Bank akan menganggap jika rumah yang kalian pilih ideal dengan penghasilanmu jika cicilan rumah tersebut tidak lebih dari sepertiga total pemasukan setiap bulannya. Untuk itu, penting bagi kalian memilih rumah impian yang sesuai dengan penghasilan.

Namun bagi kalian yang telah memiliki pasangan atau sudah menikah, kalian memiliki keunggulan untuk melakukan pengajuan limit pembiayaan yang jauh lebih besar. Hal ini bisa terjadi karena kalian bisa menggunakan skema penghasilan bersama yang kalian dapatkan dengan pasangan.

Kategori :

Terkait

Selasa 06-08-2024,19:30 WIB

5 Tips Lolos KPR agar Diterima Bank