10 Cara Ampuh Menghindari DC Pinjol dengan Tepat

Senin 05-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

5. Minta Bantuan Keluarga atau Teman

Cara menghindari DC pinjol berikutnya yaitu kalian bisa meminta bantuan keluarga atau teman. Mereka bisa memberikan dukungan moral dan membantumu menyelesaikan masalah utang.

6. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Debt collector pinjol sering meminta informasi pribadi, seperti alamat rumah atau nomor telepon. Jangan memberikan informasi tersebut kepada mereka, karena bisa digunakan untuk melakukan intimidasi atau ancaman.

7. Laporkan ke Polisi Jika Mengalami Kekerasan

Jika kalian mengalami kekerasan dari debt collector pinjol, segera laporkan ke polisi. Polisi akan mengusut kasus tersebut dan memberikan sanksi kepada pelaku kekerasan.

8. Sampaikan Jika Ada Kendala Pembayaran

Jika kalian mengalami kendala dalam pembayaran, segera hubungi pihak pinjaman online untuk menyampaikannya. Pihak pinjol biasanya akan memberikan keringanan, seperti perpanjangan waktu pembayaran atau penurunan suku bunga.

BACA JUGA:6 Tips Hindari DC Pinjol Agar Tidak Datang ke Rumah atau Tempat Kerja, Meskipun Telat Bayar Cicilan

9. Bayar Utang Tepat Waktu

Cara menghindari DC pinjol selanjutnya yaitu dengan membayar utang tepat waktu. Jika kalian mengalami kendala dalam pembayaran, segera hubungi pihak pinjaman online untuk mencari solusinya.

10. Kenali Hak dan Kewajiban Sebagai Konsumen

Sebagai konsumen, kalian memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Hak-hak tersebut, antara lain:

  • Dilindungi dari praktik penipuan dan persaingan tidak sehat.
  • Mendapatkan pelayanan yang baik dan santun.
  • Mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan mengetahui hak dan kewajibanmu sebagai konsumen, serta menerapkan tips-tips di atas, kalian bisa terhindar dari masalah yang lebih besar.

Itulah beberapa informasi seputar cara menghindari debt collector (DC) pinjol yang perlu kalian lakukan dan terapkan. Semoga bermanfaat. 

Kategori :