SMP IT Luqman Al Hakim Slawi Adakan PPK

Minggu 04-08-2024,10:20 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Saat peserta didik baru kelas VII SMP IT Luqman Al Hakim melaksanakan MPLS. Di saat itu juga, peserta didik kelas VIII dan IX melaksanakan Program Penguatan Karakter (PPK). Kegiatan diikuti oleh 130 peserta didik. Upacara pembukaan oleh tim Paskibra dan  dipimpin oleh kepala sekolah. 

Kepala SMPIT LH Anita Triyastuti SSi  menyatakan, motivasi diberikan agar  peserta didik lebih bertanggungjawab, disiplin dan menumbuhkan kasih sayang antarsesama dan mencegah tindakan bulliying. 

BACA JUGA:Guru SMP Negeri 18 Kota Tegal Diberi Pengetahuan Bermedia

Program Penguatan Karakter (PPK) bertujuan membangun peserta didik yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral baik, bertoleransi. 

“Serta bekerjasama atau gotong royong," ujarnya.  

Hari pertama diisi pemberian materi tentang penjelasan standar operasioanal sekolah terkait kedisiplinan dalam berpakaian, kerapian rambut, kuku dan larangan merokok. Materi kedua, sosialisasi program baru sekolah tentang Gerakan Kelas Nyaman Menyenangkan Rapi (Gelas Rapi). Ketiga, pemilihan ketua kelas dan pengurus kelas. 

BACA JUGA:Tingkat Kebocoran Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tegal Capai 62 %

Materi hari kedua, yaitu tentang kegiatan antibullying dan sosialisasi program antibullying, pemetaan minat dan bakat peserta didik, asesmen non kognitif. Hari ketiga, diisi dengan pemberian materi dinamika kelompok dan penguatan kekompokan, penayangan video inspiratif tentang karakter dan akhlak. Diskusi kelas dengan tema ‘Kedisiplinan, Menghormati Orang Tua, Akhlak dan Adab Sebelum Ilmu, Ilmu Sebelum Amal’. 

“Kegiatan diakhiri dengan Refleksi KBM tahun lalu, penyusunan program impian untuk tahun ini, dan pembuatan aransi kelas," cetusnya. 

BACA JUGA:Blue Light Patrol Polres Pemalang Dilakukan untuk Cegah Tawuran Remaja

Setiap hari kegiatan, dimulai dengan Salat Duha dan tilawah pagi dan selalu ada ice breaking serta ditutup  dengan Salat Duhur berjamaah. "erangkaian kegiatan PPK selama tiga hari yang gelar oleh SMP IT Luqman Al Hakim dirasakan sangat menyenangkan dan dapat menambah pengetahuan peserta didik. 

“Hal tersebut dikuatkan dengan penyampaian kesan dari salah satu peserta didik yang mengatakan bahwa kegiatan PPK sangat seru dan menarik," ungkapnya.

Kategori :