5 Tips Jitu Mengatasi Pinjaman Online yang Ditolak

Kamis 01-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips mengatasi pinjol ditolak ini menjadi solusi tepat buat kalian yang membutuhkan dana darurat dengan cepat. Masalah yang mungkin sering terjadi dalam pengajuan yaitu tidak disetujui sehingga tidak memperoleh dana segar. 

Pengajuan dana yang selalu tidak di acc memang suatu hal yang mengecewakan, terlebih lagi jika kalian sangat membutuhkan dana mendesak. Namun ternyata terdapat beberapa tips mengatasi pinjol ditolak yang bisa kalian lakukan sebagai solusinya. 

Mengajukan pinjaman atau kredit merupakan salah satu solusi finansial yang umum dilakukan. Pilihan ini bisa menjadi cara tepat untuk memperoleh modal usaha ataupun dana segar untuk tujuan lain. Namun terkadang ada berbagai penyebab pengajuan pinjaman selalu ditolak. Karena itu, tips mengatasi pinjol ditolak perlu kalian ketahui. 

Lantas, bagaimana tips mengatasi pinjol ditolak? Berikut ada beberapa strategi efektif yang bisa kalian terapkan supaya memudahkan untuk mendapatkan dana secara cepat. 

BACA JUGA:Kenali 8 Penyebab Pinjol Ditolak Terus dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Tips Mengatasi Pinjol Ditolak 

1. Ajukan Pinjol Sesuai Limit yang Diberikan

Tips mengatasi pinjol ditolak yaitu ajukan pinjol sesuai limit yang diberikan. Jika seluruh persyaratan dan data pribadi telah terpenuhi secara lengkap dan akurat tapi pengajuan tetap ditolak, mungkin penyebabnya yaitu kalian mengajukan pinjaman melebihi limit yang telah diberikan. Pemberian limit atau batas pinjaman ini bisa berbeda-beda antara nasabah karena didasarkan pada kondisi keuangannya.

Apabila nekat mengajukan pinjaman melebihi limit, pihak pinjol meragukan kondisi keuangan kalian mampu mengatasi besarnya beban cicilan yang nanti harus ditanggung. Pasalnya, dalam kondisi tersebut, risiko terjadi kredit macet atau galbay akan menjadi jauh lebih tinggi. Karenanya, jika calon nasabah mengajukan pinjol melebihi plafon yang telah diberikan, hampir bisa dipastikan permohonannya akan berakhir dengan penolakan.

2. Berikan Akses pada Aplikasi Pinjol 

Ketika baru pertama kali menggunakan aplikasi pinjol, kalian akan diminta memberi izin akses terhadap beberapa fitur smartphone. Jika menganut pada aturan dari OJK, fitur smartphone yang boleh diakses oleh aplikasi pinjol yang resmi hanyalah microphone, kamera, dan lokasi. Tentunya, guna memastikan pengajuan pinjol diterima, kalian harus memberi izin akses terhadap ketiga fitur smartphone tersebut.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjaman yang Ditolak

3. Pastikan Seluruh Persyaratan dan Data Pribadi yang Diminta Terpenuhi

Meski bisa diajukan dengan lebih mudah, kalian tetap harus memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh penyedia pinjol. Selain itu, perhatikan pula data pribadi apa saja yang harus dilampirkan dan pastikan bahwa kualitas gambarnya bagus, tidak blur, serta mudah terbaca.

Beberapa hal yang perlu dicermati saat melampirkan data pribadi yaitu kesesuaiannya dengan KTP atau KK, foto selfie dengan membawa KTP terlihat jelas, dan kecocokan nama di KTP dengan rekening tujuan pengiriman dana pinjaman. Tidak hanya itu, pastikan pula nomor kontak yang diberikan aktif dan bisa dihubungi karena pihak pinjol sering kali melakukan verifikasi melalui panggilan telepon pada nomor tersebut.

Kategori :