7 Penyebab KPR Ditolak dan Cara Mengatasinya

Rabu 31-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG- Kredit pemilikan rumah atau sering disebut dengan KPR tentunya sudah tidak asing jika didengar di telinga, namun apakah anda mengetahui apa saja penyebab KPR ditolak.

Pasalnya terdapat banyak penyebab KPR ditolak yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pengajuan, dengan mengetahuinya dari awal maka anda dapat mengantisipasi adanya penolakan dari bank.

Penyebab KPR ditolak ini jarang sekali diketahui oleh debitur yang ingin melakukan pengajuan, sehingga mereka tidak akan mengetahui alasan mengapa pengajuan tidak disetujui.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai penyebab KPR ditolak, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Pernah Galbay Pinjol dan Ingin Ajukan Pinjaman KPR? Begini Cara Pengajuannya

Apa Saja Penyebab KPR Ditolak?

Agar Anda bisa lebih siap dan meningkatkan peluang pengajuan KPR diterima, berikut adalah beberapa penyebab umum KPR ditolak:

1. Dokumen Tidak Lengkap atau Tidak Valid

Pastikan semua dokumen persyaratan sudah dilengkapi dengan benar. Dokumen yang kurang lengkap atau tidak valid akan menghambat proses penilaian kredit Anda dan menjadi penyebab KPR ditolak.

Dokumen yang umum diminta: KTP, KK, slip gaji, NPWP, surat keterangan kerja, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Riwayat Kredit Buruk

Pernah telat bayar cicilan atau memiliki tunggakan kredit lain? Riwayat kredit yang buruk akan menjadi penyebab KPR ditolak, karena pihak bank akan mempertimbangkan dalam menyetujui pengajuan Anda.

Lakukan pengecekan BI Checking untuk mengetahui riwayat kredit Anda.

3. Penghasilan Tidak Mencukupi

Bank akan menghitung kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Jika penghasilan Anda dinilai tidak cukup untuk menutupi cicilan, pengajuan Anda berpotensi ditolak.

Kategori :