Ingin Terhindar dari Galbay? Begini Tips Melunasi Utang Pinjol Agar Tidak Menumpuk

Minggu 28-07-2024,06:01 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Pinjaman online saat ini menjadi pilihan banyak orang karena menawarkan kemudahan. Anda salah satu pengguna layanan fintech harus tahu tips melunasi utang pinjol.

Mengingat risiko galbay sangat berbahaya, tips melunasi utang pinjol merupakan solusi agar nasabah tidak mengalami berbagai kerugian. Karena itu, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan beberapa trik dan tips yang akan kami berikan.

Tips melunasi utang pinjol juga bisa menghindari Anda dari risiko beban dan denda apabila nunggak. Selain itu, nasabah juga tidak akan dikunjungi oleh debt collector atau DC ke rumah, lho.

BACA JUGA: 4 Tips Galbay Pinjol Ilegal, Debt Collector Dijamin Gak Bakalan Nagih=nagih Lagi

Agar utang cepat lunas, kuncinya yakni disiplin dan konsisten. Dengan melakukan strategi keuangan yang baik, keluar dari jeratan utang bisa menjadi solusi supaya debitur tidak mengalami galbay.

Lantas bagaimana tips melunasi utang pinjol paling efektif untuk dilakukan? Berikut cara yang bisa Anda coba agar terbebas dari lilitan utang.

Tips melunasi utang pinjol

1. Buatlah Daftar Utang

Tips melunasi utang pinjol pertama, yakni buatlah daftar utang. Cara ini bisa membantu Anda mengetahui jumlah utang secara keseluruhan, mulai dari jumlah, bunga atau denda, dan tanggal jatuh tempo.

BACA JUGA: Awas! Begini Risiko Galbay di Pinjol Ilegal Paling Berbahaya dan Solusi Mengatasinya

Jika berhasil membuat daftar utang, maka fokus pada rencana pembayaran tagihan di pinjaman online. Konsisten membayar merupakan hal penting yang harus Anda lakukan supaya tidak mengalami gagal bayar.

2. Prioritaskan Pembayaran Utang

Berikutnya, Anda harus memprioritaskan pembayaran utang di pinjaman online. Jika mempunyai utang diberbagai platfrom, pastikan lunasi utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk melunasi utang dengan tenor pendek terlebih dahulu. Hal ini agar debitur dapat segera terbebas dari lilitan tagihan utang.

BACA JUGA: Terlanjur Galbay dan Diteror? Begini Cara Menghadapi DC Pinjol Supaya Aman

Kategori :