Harap Waspada, Begini 4 Cara Agar HP Tidak Disadap Pinjol dan Ketahui Cara Mencegahnya

Jumat 26-07-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Cara Mencegah HP Di Hack

Mencegah lebih baik daripada mengatasi, untuk mencegah HP di Hack lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Pasang Aplikasi Anti Malware

Kalian bisa pasang aplikasi anti virus atau anti malware untuk mencegah HP di hack. Aplikasi ini bisa mendeteksi malware dan segera menghapusnya. Walaupun Android sudah memiliki sistem keamanan sendiri, akan lebih baik jika kalian menambahnya dengan aplikasi anti malware khusus smartphone.

BACA JUGA:Kenali 8 Ciri-ciri HP Disadap Pinjol agar Tidak Disalahgunakan, Berikut Cara Cek Keamanan USSD

2. Jangan Sembarangan Instal Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di PlayStore sebenarnya tidak semua aman. Kita bahkan sering mendengar ada aplikasi yang diblacklist Google karena mengandung malware berbahaya. Aplikasi yang disusupi malware bisa mengakses semua data pribadi yang tersimpan di HP.

3. Aktifkan Keamanan 2 Tahap (2 Step Verification)

Beberapa aplikasi email, chat, sosmed, hingga toko online sudah menyediakan fasilitas 2 Step Verification. Fungsinya untuk memberi keamanan tambahan saat user ingin login ke akun. Setelah memasukan user dan password, aplikasi akan mengirim kode OTP sekali pakai ke nomor hp atau email yang terdaftar.

Jika tiba-tiba kalian mendapat SMS atau email berisi kode OTP bisa jadi akun kalian sedang coba diretas hacker. Segera lakukan penggantian password pada akun yang terancam diretas dan ganti password email untuk terima OTP agar lebih aman.

BACA JUGA:Amankan Data Anda, Begini Cara Mengatasi Hp Disadap Pinjol dengan Tepat

4. Matikan Data Jika Tidak Sedang Digunakan

Aplikasi hacker berjalan di latar belakang. Aplikasi ini terus mengirim data dari Hp kalian ke hacker melalui internet. Jika kalian tidak sedang menggunakan Hp segera matikan koneksi data dari seluler atau WiFi. Setelah itu, cek di daftar aplikasi pada menu Setting dan cek apakah ada aplikasi aneh yang berjalan di latar belakang. Metode ini paling efektif untuk memutus koneksi aplikasi ke hacker.

Itulah beberapa informasi seputar cara agar HP tidak disadap pinjol beserta cara mencegah HP di hack yang perlu kalian ketahui dan lakukan agar data kalian tetap aman. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :