Awas! Begini Risiko Galbay di Pinjol Ilegal Paling Berbahaya dan Solusi Mengatasinya

Rabu 24-07-2024,18:35 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Bagi para peminjam yang menggunakan pinjaman online ilegal, teror dari debt collector atau agen penagih utang seringkali menjadi hal yang sulit dihindari. Biasanya, peminjam akan menerima peringatan awal melalui pesan singkat atau panggilan telepon dari pihak debt collector.

Jika Anda terus-terusan mengabaikan penagihan dengan cara telepon atau pesan, maka DC langsung mendatangi rumah. Bahkan DC bisa saja menghubungi kerabat atau nomor darurat yang tercantum pada data peminjam.

Sayangnya, cara penagihan yang dilakukan oleh debt collector pada pinjaman online ilegal ini seringkali bersifat agresif dan mengancam. Tujuannya jelas, agar peminjam merasa tertekan dan segera melunasi utangnya.

Apa solusi jika terlanjur galbay di pinjol ilegal?

1. Negosiasi Pengurangan Bunga dan Denda

Anda yang dibebani bunga bisa menegosiasi pengurangan jumlah bunga dan denda. Dengan cara ini dapat meringankan peminjam untuk melunasi tagihannya.

2. Restrukturisasi Pinjaman

Peminjam dapat melakukan restrukturisasi pinjaman apabila kesulitan untuk melunasi utang. Peminjam dapat mendapatkan keringanan berupa jangka waktu yang diperpanjang, diskon cicilan, atau potongan kredit dalam satu kali bayar.

3. Lapor Pihak Berwenang

Jika penagihan debt collector pinjol ilegal sangat mengganggu dan meresahkan, maka peminjam dapat melapor ke polisi untuk menempuh jalur hukum. Selain itu, Anda juga bisa melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan ketiga cara di atas Anda bisa terbebas utang di pinjaman online ilegal. Cara ini bisa Anda lakukan supaya tidak mengalami berbagai kerugian.

Demikian informasi mengenai risiko galbay di pinjol ilegal yang memberikan efek buruk selain dibebani bunga atau denda. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :