6 Keunggulan Poco F6 dengan Chipset Lebih Bertenaga

Senin 22-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Ada kabar angin segar bagi para penggemar smartphone, khususnya dari brand Poco. Smartphone terbaru dari Poco telah hadir, dengan perilisan pertama di Cina pada akhir Maret 2024 lalu, diikuti dengan peluncuran Global pada April 2024.

HP Poco F6, adalah bagian dari Lini HP premium Poco, dirumorkan sebagai versi rebahan dari Redmi Note 13 Turbo. Tetapi, spekulasi terbaru mengarah pada kemungkinan Poco F6 akan memiliki kesamaan dengan Xiaomi Civi 4 Pro yang baru saja dirilis di China.

Indonesia akan mengikuti jejak peluncuran setelah Cina dan pasar global. Antusiasmenya semakin terasa dengan beredarnya berbagai sertifikasi dan bocoran spesifikasi HP Poco F6 di internet, yang menandakan peluncuran yang semakin dekat.

Menariknya dari HP Poco F6 adalah chipset yang akan digunakan, yaitu Snapdragon 8s gen 3 atau Snapdragon 7 plus gen 3. Tapi, rumor yang beredar luas saat ini menunjuk bahwa HP Poco F6 kemungkinan besar akan ditenagai oleh Snapdragon 8s gen 3.

BACA JUGA: Poco F6, Smartphone dengan Spesifikasi yang Luar Biasa

Baik Snapdragon 8s gen 3 maupun Snapdragon 8 gen 3, keduanya dibangun dengan teknologi fabrikasi 4 nanometer. Meskipun demikian, Snapdragon 8s gen 3 memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Snapdragon 8 gen 3.

Sambil menantikan update terkini dari Poco F6, kami sajikan beberapa informasi akurat yang kami kumpulkan langsung dari sumber-sumber terpercaya.

Dalam artikel ini akan kami telusuri tentang keunggulan HP Poco F6 yang mempunyai chipset lebih bertenaga. Mari kita simak dan baca sampai akhir ya!

Berikut ini 6 keunggulan HP Poco F6 yang bisa kamu miliki:

1. Konektivitas Cukup Lengkap

Selain aspek fotografi, Poco F6 juga menawarkan fitur konektivitas modern yang meningkatkan kenyamanan dan fungsionalitas. Salah satu fitur utama adalah in-display fingerprint yang memberikan metode autentikasi yang cepat dan aman langsung dari layar ponsel.

Tidak hanya itu, Poco F6 juga dilengkapi dengan IR Blaster yang memungkinkan ponsel ini berfungsi sebagai remote control untuk berbagai perangkat elektronik, menambah fleksibilitas penggunaan sehari-hari.

Ponsel ini juga memiliki z-axis linear motor serta hardware grow yang menyediakan feedback haptik yang responsif dan akurat, meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel terutama saat gaming. Untuk fitur near field communication (NFC) hadir untuk memudahkan transaksi.

Poco F6 mendukung WiFi 5 dan Bluetooth 5.3, menawarkan koneksi yang cepat dan stabil. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dual speaker stereo yang menyediakan pengalaman audio yang imersif.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Poco F6 tidak memiliki slot kartu memori dan audio jack 3,5 mm, menandakan transisi ke solusi penyimpanan internal dan konektivitas audio nirkabel.

BACA JUGA:Desain Kece Dan Unik M4 Pro, Hp Poco Terbaik All-Rounder Di Kelasnya!

2. Hadir dengan desain mirip dengan Poco X6 Pro

Poco F6 memperkenalkan inovasi desain dengan elemen-elemen eksklusif yang membedakannya dari yang lain. Desain uniknya terlihat dari empat kamera belakang yang tersusun rapi dalam formasi kotak, memberikan nuansa yang segar dan menarik serta memecah kebiasaan desain monoton yang umum di banyak smartphone.

Bahkan, memberikan kesan yang sedikit mirip dengan Lini produk Poco X6 Pro. Ditambah lagi, Poco F6 mengadopsi material kaca untuk bagian belakangnya dan dilengkapi dengan proteksi IP65, menawarkan ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Dengan berat yang hanya 180 gram dan ketebalan body 8 mm, Poco F6 menawarkan kenyamanan dan kemewahan dalam segmen midrange, menegaskan komitmennya pada kualitas dan perhatian pada detail desain.

3. Punya chipset lebih bertenaga

Snapdragon 8s gen 3 baru saja diluncurkan di Cina dan secara global beberapa hari yang lalu, dan sudah dipastikan bahwa chipset ini akan digunakan oleh Xiaomi Civi 4 Pro, Realme GT6 Neo, dan Poco F6.

Poco F6, yang merupakan generasi penerus dari Poco F5 yang sebelumnya menggunakan chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2, kini terdengar rumor bahwa akan dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8s gen 3 yang dibuat dengan proses fabrikasi 4 nanometer.

Ini menjanjikan performa yang kuat, berpotensi menjadi saingan berat bagi Dimensity 9.300, bahkan mungkin mengungguli Dimensity 8300 Ultra yang digunakan pada Poco X6 Pro.

Poco F6 dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunaan berat, termasuk gaming hardcore, menandakan dedikasi Xiaomi untuk menyenangkan penggunanya dengan prosesor yang semakin canggih untuk meningkatkan pengalaman gaming dan kinerja ponsel ke level selanjutnya.

BACA JUGA:Mengupas Performa Unggul Hp Poco Terbaik, Melibas Semua Game Kekinian

Poco F6 telah mencatat skor Antutu yang mengesankan, yaitu sekitar 1,8 juta poin, dengan chipset Snapdragon 8s gen 3, menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya dengan Snapdragon 7 Plus Gen 2, dan mengindikasikan performa yang sangat kuat saat nantinya dirilis di Indonesia.

Skor Antutu yang tinggi ini bukan hanya menandakan kemampuan Poco F6 dalam mengelola tugas harian dengan lancar, tetapi juga potensinya dalam menyajikan pengalaman gaming yang superior dengan performa yang responsif dan mulus.

Ponsel ini tersedia dalam dua varian, salah satunya dengan 8 GB RAM dan 256 GB penyimpanan internal, serta varian yang lebih tinggi dengan 12 GB RAM dan 512 GB penyimpanan internal.

Kedua varian ini menggunakan memori LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0 yang dikenal akan kecepatan dan efisiensinya dalam pemrosesan dan transfer data.

Poco F6 menjalankan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka pengguna hyper OS, yang merupakan evolusi dari MIUI. Xiaomi juga berjanji untuk menyediakan dukungan update OS Android sebanyak tiga kali serta 4 tahun pembaruan keamanan.

4. Kamera Lebih Jernih

Dengan dukungan OIS, Poco F6 membawa konfigurasi kamera yang luar biasa, membuatnya menjadi pilihan menarik tidak hanya untuk para gamer, tetapi juga untuk mereka yang menghargai kemampuan fotografi sebuah smartphone.

Dilengkapi dengan kamera utama 50 megapiksel yang didukung oleh OIS, kamera Ultra wide 8 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel, untuk perekaman video sudah bisa mentok hingga 8K pada 30 FPS.

Untuk selfie dan video call, Poco F6 menyuguhkan kamera depan 16 megapiksel yang mampu merekam video full HD dengan opsi frame rate dari 30 hingga 60 FPS.

Meskipun Poco F6 memiliki fokus utama pada pengalaman gaming, kemampuan kamera Poco F6 membuktikan bahwa Xiaomi tetap memperhatikan aspek fotografi, menawarkan hasil yang memuaskan dari berbagai sudut.

BACA JUGA:Mengulas Keunggulan Gaming Hp Poco Terbaik Dengan Performa Gesit!

5. Layar AMOLED yang cerah dan bezel makin tipis

Poco F6 menawarkan pengalaman visual yang luar biasa dengan teknologi layar terdepan. Dilengkapi dengan layar flow AMOLED berukuran 6,67 inci dan resolusi 1,5q, ponsel ini juga menawarkan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate yang mengagumkan, mencapai 480 Hz.

Perpaduan fitur ini menghasilkan performa gaming yang responsif dan mulus, menjadikan Poco F6 pilihan yang sempurna untuk para gamer. Layar ini bahkan memiliki kecerahan maksimum yang mencapai 4.000 nits, sangat terang untuk pengalaman visual yang optimal.

Poco F6 juga dirancang dengan bezel yang sangat tipis dan diperkuat dengan Gorilla Glass untuk perlindungan ekstra terhadap benturan dan goresan.

Ditambah lagi, dukungan HDR10 Plus, Dolby Vision, dan white vne LSAT mengangkat kualitas tampilan layar ke tingkat yang baru, menghadirkan estetika dan kinerja yang menakjubkan serta memastikan setiap konten ditampilkan dengan kualitas terbaik.

Desain bezel tipis ini tidak hanya menambah keleganan dan kesan modern pada ponsel, tapi juga memperluas area tampilan layar, memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif dan menyeluruh bagi pengguna.

6. Baterai Lebih Besar dan Fast Charging

Baterai lebih besar dan fast charging super kencang menjadi fitur utama dari Poco F6, termasuk baterainya yang besar berkapasitas 5.500 mAh. Selain itu, smartphone ini juga mendukung pengisian cepat 90 watt, memastikan bahwa baterai dapat diisi dengan cepat dan efisien.

Ini jelas merupakan kemajuan signifikan bagi Xiaomi karena di segmen harga kelas menengah, mereka sudah menawarkan fitur pengisian cepat dan kapasitas baterai yang besar.

Mengakhiri pembahasan, Poco F6 benar-benar menonjol sebagai pesaing kuat di kelas menengah, siap menghadapi rival seperti Poco X6 Pro, Infinix Zero series, Phoenix GT Series, dan realme number series.

Dengan rencana peluncuran globalnya di awal April 2024 dan harga yang diharapkan akan menyenangkan banyak pihak, Poco F6 sepertinya akan menjadi pilihan menarik bagi banyak pengguna.

Demikian penelusuran tentang keunggulan HP Poco F6 yang mempunyai chipset lebih bertenaga. Semoga bermanfaat.(*)

 

Kategori :