Mahasiswa Hatyai University Thailand Belajar Batik di Tegal

Sabtu 20-07-2024,11:00 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Memasuki hari ketiga, empat mahasiswa Hatyai University Thailand dan beberapa mahasiswa perwakilan setiap fakultas yang merupakan peserta kegiatan Sit In Program di Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mengunjungi Pusat Batik Tegal yang berlokasi di Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. 

Di Pusat Batik Tegal, mereka mendapatkan informasi terkait batik, mulai dari jenis batik, proses pembuatan, hingga belajar membatik secara langsung. Di Thailand tidak ada batik, sehingga mereka juga tertarik dan membeli untuk dijadikan oleh-oleh. “Batik warnanya menarik, bisa dipakai formal maupun santai untuk bepergian,” kata Mahasiswa Hatyai University Thailand Asreena Leesen.

BACA JUGA:Pemkot Tegal Beri Apresiasi Kepatuhan kepada Wajib Pajak

Setelah memperkenalkan Batik Tegal di Pusat Batik Tegal, kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke Guci Forest untuk memperkenalkan potensi wisata andalan tersebut. Di sana, diisi outbound untuk mempererat pertemanan antarbudaya. Mahasiswa asal Thailand tersebut baru pertama kali datang ke Indonesia dan mengaku sangat nyaman di Tegal.

Sit In Program yang mulai dilaksankaan sejak 15 Juli lalu itu merupakan rangkaian dari A Week Sit In Program and Summer Camp di UPS. Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum mengatakan, hubungan Hatyai University dan UPS sangat baik, dibuktikan dengan berbagai kegiatan seperti Students Mobility dan Visiting Professor baik Inbound maupun Outbound, juga Joint Conference dan Publication. 

“Kegiatan Internasionalisasi tersebut merupakan salah satu program unggulan universitas,” ungkap Taufiqulloh.

BACA JUGA:Ketua Dewan Kesenian Tegal Akuisisi Teater DingDong

Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerja Sama dan Urusan Internasional Ihda Rosdiana MHum menambahkan, kerja sama Hatyai University Thailand dengan UPS telah berlangsung sejak 2019, meliputi Student Mobility dan Visiting Lecturer. Tahun lalu UPS mengirimkan empat mahasiswa mengikuti Program Transfer Kredit dan Sit In di Thailand. 

“Tahun ini, Hatyai University yang mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti Sit In di UPS,” ujar Ihda.

Kategori :