Begini Cara Efektif Menghindari Joki Pinjol, Berikut Cara Kerjanya yang Perlu Dipahami

Senin 15-07-2024,18:16 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Jika sudah berhasil dari setiap aplikasi, konsumen harus menyetorkan 30 – 40% dari total pencarian kepada pihak joki sebagai biaya jasa alias fee. Bila konsumen tidak melakukannya, maka data-data pribadi yang sebelumnya disetorkan kepada pihak joki akan dipakai untuk mengajukan pinjaman pada aplikasi ilegal demi keuntungan pribadi.

2. Membuat Riwayat Tempat Kerja dan Kontak Palsu

Mereka akan membuat riwayat tempat kerja dan kontak palsu sebagai modal untuk membuat konsumen yakin bahwa mereka benar-benar berjasa. Maksud dari riwayat tempat kerja baru yaitu data kantor dan nomor telepon fiktif yang disesuaikan dengan domisili konsumen. Sehingga saat dihubungi ke kantor tidak berhasil ditemukan.

Sedangkan kontak palsu digunakan sebagai tameng untuk memastikan pihak platform pinjol dan P2P tidak menghubungi kontak asli konsumen ketika tidak melakukan pembayaran cicilan. Metode ini disebut sebagai upaya untuk mengamankan posisi konsumen dari kejaran DC. 

3. Mempromosikan Jasanya di Platform Sosial Media

Mereka akan membuat konten-konten menarik dengan iming-iming menyelesaikan kesulitan keuangan tanpa masalah baru dan pinjaman yang aman untuk galbay. 

Biasanya, mereka juga akan meninggalkan komentar di postingan-postingan populer tentang kesulitan melunasi kredit dari pinjaman bank maupun non–bank. Menggunakan kalimat persuasif untuk membujuk para calon konsumen agar menggunakan jasa mereka agar terbebas dari beban utang.

BACA JUGA:Ketahui 4 Tips Jitu Menghindari Modus Joki Pinjol yang Perlu Diwaspadai, Berikut Dampak Buruknya

4. Membuat Kesepakatan dengan Konsumen

Jika ada konsumen yang terjerat dan menghubungi mereka, maka selanjutnya membuat kesepakatan. Mereka akan meminta konsumen untuk mengisi formulir kerja sama yang berisi informasi lengkap data pribadi, jumlah kredit macet di aplikasi atau instansi keuangan mana saja, bahkan mengirim identitas pribadi.

Setelahnya, mereka akan mengarahkan konsumen untuk menghapus kontak asli dan menggunakan kontak palsu dari mereka. Kemudian, pihak joki mengarahkan pada aplikasi yang belum pernah konsumen coba. Mereka akan merekomendasikan beberapa aplikasi sekaligus untuk mencari mana yang bisa lolos.

Itulah beberapa informasi seputar cara menghindari joki pinjol berserta cara kerja joki pinjol yang perlu kalian ketahui dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :