Mengapa DC Akulaku Datang ke Rumah? Ternyata ini Alasannya

Minggu 14-07-2024,21:40 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Akulaku merupakan salah satu layanan pinjaman online ternama di Indonesia, menawarkan kemudahan dalam berbelanja dengan sistem cicilan. Namun perlu anda ketahui kapan DC akulaku datang ke rumah, hal ini perlu anda ketahui supaya anda tidak dikunjungi oleh pihak mereka.

Pasalnya ada beberapa penyebab yang menjadikan DC akulaku datang ke rumah, sebagai debitur anda perlu mengetahui beberapa penyebab tersebut untuk menghindari adanya kunjungan dari debt collector ini.

Salah satu penyebab DC akulaku datang ke rumah yaitu ketika debitur mengalami gagal bayar, nmaun ternyata ada beberapa penyebab lainnya juga loh.

Nah berikut ini akan kami ulas secara lengkap alasan DC akulaku datang ke rumah, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Simak 5 Risiko Tidak Membayar Akulaku, DC Lapangan Siap Berkunjung ke Rumah

 

1. Telat membayar tagihan lebih dari 90 hari

Platform pinjaman ini memiliki beberapa tahapan penagihan sebelum menerjunkan debt collector. Pertama, mereka akan mengirimkan pengingat melalui SMS, email, dan aplikasi Akulaku. Jika nasabah masih belum merespon, mereka akan melakukan penagihan melalui telepon. Bila upaya tersebut tidak berhasil, barulah debt collector akan ditugaskan untuk mendatangi rumah nasabah.

2. Memiliki riwayat telat bayar yang buruk

Platform pinjaman ini mencatat riwayat pembayaran setiap nasabahnya. Nasabah dengan riwayat telat bayar yang buruk lebih berisiko didatangi debt collector.

3. Memiliki jumlah tagihan yang besar

Semakin besar jumlah tagihan yang tertunggak, semakin besar kemungkinan debt collector akan datang ke rumah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada kepastian pasti kapan DC akulaku datang ke rumah. Hal ini tergantung pada berbagai faktor, seperti kebijakan dari platform ini, kesibukan debt collector, serta lokasi tempat tinggal nasabah.

Berikut beberapa tips untuk menghindari DC akulaku datang ke rumah: 

  1. Bayar tagihan tepat waktu, ini adalah cara terbaik untuk menghindari debt collector. Akulaku menawarkan berbagai pilihan pembayaran yang mudah dan praktis.
  2. Komunikasikan kendala yang Anda alami. Jika Anda mengalami kesulitan untuk membayar tagihan tepat waktu, segera hubungi customer service platform ini. Jelaskan kendala yang Anda alami dan mereka akan membantu mencari solusi terbaik.
  3. Lunasi sebagian tagihan. Jika Anda tidak mampu melunasi seluruh tagihan, cobalah untuk membayar sebagian. Hal ini menunjukkan itikad baik Anda untuk menyelesaikan kewajiban.
  4. Hindari menunda-nunda pembayaran. Semakin lama Anda menunda pembayaran, semakin besar kemungkinan debt collector akan datang ke rumah.

Jika debt collector berkunjung ke rumah anda, maka anda wajib tenang dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tanyakan identitas debt collector. Pastikan debt collector benar-benar berasal dari Akulaku. Mintalah mereka menunjukkan kartu identitas dan surat tugas.
  2. Jangan panik dan kooperatif. Dengarkan penjelasan debt collector dengan baik dan jelaskan kondisi Anda dengan sopan.
  3. Cari solusi bersama. Diskusikan dengan debt collector mengenai solusi terbaik untuk menyelesaikan tunggakan Anda. Anda dapat menawarkan untuk mencicil pembayaran atau mencarikan penjamin.
  4. Jangan terintimidasi. debt collector tidak boleh melakukan tindakan yang melanggar hukum, seperti kekerasan atau ancaman. Jika Anda merasa terintimidasi, segera laporkan ke pihak berwajib.
Kategori :