Cara Menghapus Data Ponsel yang Hilang dari Jarak Jauh

Minggu 14-07-2024,06:28 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Kehilangan ponsel Anda bisa menjadi mimpi buruk, terutama jika berisi informasi pribadi yang sensitif. Di tangan yang salah, data pribadi ponsel yang hilang dapat disalahgunakan.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghapus data dari ponsel yang hilang dari jarak jauh. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai metode dan tindakan pencegahan untuk melindungi privasi Anda  tersebut.

Cara  menghapus data dari ponsel yang hilang dari jarak jauh

BACA JUGA: Cegah Sebelum Terlambat, Begini 7 Cara Mencegah Pencurian Data Pribadi

1. Aktifkan Fitur Penghapusan Data Jarak Jauh

Banyak ponsel cerdas menawarkan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna menghapus data pada perangkat mereka yang hilang atau dicuri dari jarak jauh. Misalnya, perangkat Android dan iOS memiliki fitur Temukan Perangkat Saya atau Temukan iPhone Saya.

Kedua fitur itu memungkinkan pengguna menemukan, mengunci, dan menghapus perangkat mereka dari lokasi yang jauh. Untuk mengaktifkan fiturnya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Android

  • Buka Pengaturan > Keamanan > Administrator Perangkat.
  • Aktifkan "Temukan Perangkat Saya" atau fitur serupa yang disediakan oleh produsen perangkat Anda.

Perangkat iOS

  • Buka Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud.
  • Aktifkan "Temukan iPhone Saya" dan " Kirim Lokasi Terakhir."

BACA JUGA: 4 Trik Mengamankan Data Pribadi dari Penyadapan Pinjol

Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat menghapus data di perangkat Anda dari jarak jauh dengan mengakses situs web platform masing-masing atau menggunakan perangkat iOS atau Android tepercaya lainnya.

2. Gunakan Aplikasi Keamanan Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan yang disediakan oleh produsen ponsel cerdas, ada beberapa aplikasi keamanan pihak ketiga yang tersedia yang menawarkan fitur anti-pencurian tingkat lanjut, termasuk penghapusan data jarak jauh.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk menghapus data di ponsel yang dicuri, tetapi juga memberikan tindakan keamanan tambahan seperti melacak lokasi perangkat, mengambil foto pencuri, dan mengunci perangkat dari jarak jauh.

BACA JUGA: Segera Lakukan Cara Menghapus Data Pribadi Pinjol Berikut Ini Agar Datamu Tidak Disalahgunakan

Kategori :