8 Alternatif Pinjaman Uang Tanpa Bunga dan Riba

Rabu 10-07-2024,15:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

4. Dana Syariah

PT Dana Syariah Indonesia yaitu pinjaman uang tanpa bunga dan riba. Dana Syariah menawarkan layanan finansial syariah untuk individu dan pemilik bisnis, penting untuk memperoleh manfaat halal dan menghindari riba dari setiap jenis pinjaman.

5. Pinjaman dari Produk Syariah

Pinjaman syariah bisa menjadi solusi, bilamana kalian masih gagal mendapatkan pinjaman dengan metode di atas. Saat ini sudah tersedia pinjaman uang tanpa bunga dan riba yang juga dikenal sebagai sistem syariah, kalian tidak perlu membayar biaya bunga jika meminjam uang di bank syariah.

Bank syariah menggunakan sistem kerjasama bagi hasil. Model kerjasama ini juga dikenal seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna. 

6. Duha Syariah

Duha Syariah merupakan sebuah platform P2P yang mempertemukan pemberi pinjaman dan pemohon, didasarkan pada prinsip Syariah atau bebas Riba. Duha Syariah menawarkan dua jenis pinjaman: pembiayaan konsumtif (barang dan jasa) atau pembiayaan perjalanan religi.

BACA JUGA:6 Pinjol Syariah Cepat Cair Tanpa Bunga Resmi OJK 2024, Solusi Pembiayaan Berbasis Syariat Islam

7. Pinjaman dari Kantor

Pinjaman dari perusahaan merupakan bentuk pinjaman tanpa bunga yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. Rumus perhitungan perusahaan akan menentukan jumlah pinjaman yang akan kalian terima. Jumlah pinjaman tidak boleh melebihi sepertiga dari gaji bulanan. Jika pendapatan bulanan kalian yaitu IDR 6.000.000, maka jumlah pinjaman maksimal yang bisa diterima yaitu IDR 2.000.000.

8. Teman dan keluarga

Solusi ini tidak untuk orang yang lemah. Meminjam uang dari keluarga atau teman hanya akan mengakibatkan harga diri tergerus. Tapi setidaknya solusi ini akan melindungi kalian dari bunga pinjaman yang besar. Sebab, teman dan keluarga pasti tidak ingin mengambil keuntungan dari pinjaman tersebut.

Itulah beberapa informasi seputar rekomendasi pinjaman uang tanpa bunga dan riba yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :