Tak Perlu Dibawa ke Tukang Service, Begini Cara Mengatasi Hp Terkena Air Secara Mandiri

Sabtu 06-07-2024,20:15 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Terdapat banyak cara untuk mengatasi hp terkena air yang dapat anda lakukan dengan tepat, yuk simak urainnya dibawah ini.

Smartphone merupakan benda yang sudah sangat melekat di semua orang, karena semua aktivitas memiliki sangkut paut dengan smartphone. Tak jarang smartphone mengalami masalah misalnya terkena air, namun anda tenang saja karena ada cara untuk mengatasi hp terkena air.

Cara mengatasi hp terkena air ini dapat anda lakukan dengan tepat dan benar, dengan melakukannya secara tepat maka cara tersebut akan berjalan secara efektif.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini akan kami bahas secara lengkap mengenai cara mengatasi hp terkena air. Yuk simak terus ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:4 Cara Mudah Mencadangkan Data HP, Anti Hilang Sekalipun Terserang Virus

 

Langkah 1: Matikan Ponsel Segera

Ini adalah langkah paling penting untuk mengatasi hp terkena air dan harus dilakukan secepat mungkin. Air yang masuk ke dalam ponsel dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan permanen pada komponen elektroniknya. Matikan ponsel dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik.

Langkah 2: Keringkan Permukaan Ponsel

Gunakan kain microfiber atau tisu yang lembut untuk mengeringkan permukaan ponsel semaksimal mungkin. Hindari menggosok ponsel dengan kasar karena dapat membuat air semakin masuk ke dalam.

Langkah 3: Lepaskan Kartu SIM dan Memori (Jika Ada)

Lepaskan kartu SIM dan kartu memori dari ponsel. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kartu tersebut akibat air.

Langkah 4: Gunakan Silica Gel atau Beras

Cara mengatasi hp terkena air bisa dengan menggunakan Silica gel yaitu bahan yang efektif untuk menyerap kelembapan. Masukkan ponsel ke dalam wadah kedap udara bersama dengan silica gel. Kamu juga bisa menggunakan beras sebagai alternatif. Pastikan beras dalam keadaan kering dan tidak bau. Rendam ponsel di dalam beras selama minimal 24 jam.

Langkah 5: Nyalakan Ponsel

Kategori :