Digitalisasi Percepat Transformasi Pendidikan Bermutu di Kabupaten Tegal

Selasa 14-05-2024,09:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI – Digitalisasi pendidikan melalui pemanfaatan teknologi dan informasi. Diharapkan mampu mengakselerasi transformasi pendidikan bermutu sekaligus mengatasi hambatan pendidikan. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud saat memimpin upacara.

Menurutnya, kehidupan saat ini sudah dihadapkan pada tantangan era revolusi industri 4.0 yang identik dengan penggunaan cyber-physical system. Seperti artificial intelligence, internet of things, 3D printing, robot dan mesin-mesin cerdas lainnya.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Ingatkan Pendaki Gunung Slamet agar Selalu Waspada

Sehingga diperlukan dukungan talenta-talenta muda digital yang dibentuk melalui jalur pendidikan sekolah dengan mengenalkan peserta didik pada perangkat teknologi informasi dan komunikasi serta penggunaan platform pembelajaran digital dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

“Percepatan transformasi digital pendidikan melalui digitalisasi sekolah dalam kegiatan belajar dan mengajarnya sudah harus menjadi bagian dari upaya kita menjawab tantangan zaman tersebut, sekaligus mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” ucap Amir.

BACA JUGA:Mayat Laki-laki Ditemukan di Sungai Beran Kabupaten Pemalang

Dirinya pun meminta satuan pendidikan, kepala sekolah, dan tenaga pendidik khususnya di lingkungan SD dan SMP negeri. Bisa segera mengalokasikan belanja perangkat TIK dan secepatnya menguasai penggunaan platform digital Merdeka Mengajar. Platform Sumber Daya Sekolah, platform Rapor Pendidikan dan Manajemen Data.

Selain menunjang layanan pendidikan, penggunaan aplikasi seperti rencana kegiatan anggaran sekolah juga akan meningkatkan tata kelola penyelenggaraan dan manajemen pendidikan berbasis elektronik di lingkungan sekolah, menjamin tata kelola keuangan sekolah seperti pengelolaan dana BOS yang lebih terbuka dan akuntabel. 

Kategori :