Perpusnas RI dan FPSMI Visitasi ke Ponpes Al Munawaroh Kota Tegal

Kamis 05-10-2023,05:26 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Tim observasi dan visitasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) bersama Ketua Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Munawaroh Kecamatan Margadana Kota Tegal. Kunjungan atau visitasi tersebut dalam rangka pemberian bantuan buku bacaan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) sebagai salah satu program Perpusnas RI.

Pustakawan Ahli Madya Nia Gusniawati yang juga Ketua Kelompok Kerja Perpustakaan Sekolah/ Madrasah Tingkat Dasar dan Menengah Perpusnas RI mengatakan, bahwa sejak tahun 2006 Perpusnas RI sudah mulai memberikan bantuan buku untuk Pondok pesantren (Ponpes) yang tersebar ada di Indonesia. Setiap tahun memberikan bantuan kepada 100 pondok pesantren. 

"Hal ini untuk membudayakan membaca baik untuk santrinya maupun pengurus dan tamu yang berkunjung bisa memanfaatkan perpustakaan di Ponpes," katanya.

Dijelaskan Nia, kedatangan Perpusnas RI saat ini adalah untuk melakukan survey dalam rangka ingin memberikan bantuan sebanyak 500 eksemplar buku bacaan dengan 250 judul. 

"Jadi setiap judul diberikan 2 buku, sementara untuk pelaksanaan pemberian bantuan buku pada tahun 2024 mendatang," terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawaroh Kecamatan Margadana KH Mukhtar Chudori sangat menyambut baik. Karena dengan bantuan tersebut akan menambah koleksi buku-buku bacaan bagi santri maupun siapa saja yang berkunjung ke Ponpes Al Munawaroh. Selain Ponpes di Al Munawaroh juga ada PAUD, Madrasah Diniyah, pengajian-pengajian yang rutin dilaksanakan. 

"Ada sebanyak 300 santri terdiri dari putra dan putri," ujarnya

Sementara itu, Ketua FPSMI Dr Yusqon menuturkan, pihaknya turut mendampingi Perpusnas RI dalam rangka visitasi dan survei Ponpes Al Munawaroh untuk memberikan bantuan yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang. Sebagai Ketua FPSMI sekaligus penerima penghargaan Jasa Nugra Dharma Pustaloka, pihaknya turut bertanggung jawab terhadap peningkatan budaya membaca di Kota Tegal.

"Untuk itu, turut mengawal dan mendampingi program-program Perpusnas RI yang bisa diberikan untuk sekolah, madrasah maupun Ponpes," pungkasnya.

Kategori :