5 Pagar Yang Ada di Sekitar Komplek Makam Tegal Arum

Selasa 08-08-2023,15:58 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Sedangkan gapura lainnya berukuran relatif sama, hanya pada gapura I, II dan III lebih lebar ukuran pintunya. Lebar keseluruhan 5 meter dan tingginya 3,9 meter. Lebar pintu 1,75 meter dan tingginya 2,45 meter. Gapura yang terbuat dari batu bata yang diplester dan dicat dengan warna putih. 

Hanya pada gapura VII terdapat pintu dengan jeruji besi. Bentuk gapura bentar ini terdiri dari 4 buah tembok (2 dikanan dan 2 dikiri) yang dihubungkan dengan dinding gapura. 

Kepala tiang bagian atas dibingkai dengan panil padma terbalik. Bagian atas tiang gapura berbentuk susunan pelipit. 

Gapura padureksa hampir sama bentuknya, hanya diatas gapura terdapat bentuk sulur gelung yang mengapit berbentuk seperti mahkota yang terdapat ditengah gapura.

Paseban makam 

Bangunan paseban ini berada di halaman I komplek makam Tegalarum. Bangunan ini adalah bangunan terbuka yang beratap joglo. Keempat saka guru terbuat dari kayu jati berbentuk persegi. 

Terdapat dua jenis saka rawa yang menopang bangunan ini. Empat saka rawa yang terletak ditipan sudut bangunan terbuat dari batu bata yang diplester dan dicat warna putih. 

Sedangkan saka rawa yang lain terbuat dari kayu jati. Lantai bangunan ini adalah ubin terakota. Lantai ini merupakan hasil pemugaran yang dilakukan pada tahun 1980. 

Ubin ini berukuran 36 cm x 36 cm. Adapun tebal ubin ini 2 cm. Kerangka atap joglo tumpang sari dengan penutup atap dari genteng. Luas lantai 78 m2 dan tingginya 6,5.

BACA JUGA:Sunan Tegalwangi Sosok Ulama Jaman Dahulu yang Mengajarkan Dakwah Tauhid

Pagar yang mengelilinginya

Pagar yang terdapat di komplek makam Tegal Arum ini terbuat dari susunan bata. Tiap-tiap pagar mengelilingi sebuah halaman. Adapun 5 pagar tersebut antara lain:

1.Pagar keliling halaman gapura III

Diatas pondasi mempunyai profil lis 2 dan bagian atasnya sebagai penutup berprofil lis bawah 2 dan bagian atas 3. Bagian paling atas sebagai penutup menggunakan setengah batu bata membujur.

2.Pagar keliling halaman gapura IV

Bagian bawah antara pondasi dan dinding terdapat profil lis bertingkat 3. sebagai penutup dinding terdapat profil lis dan bagian atas profil lis berjumlah 3 buah. Pada bagian puncak ditutup dengan susunan batu bata membujur.

Kategori :