Jangan Ragu Mencoba Asuransi Syariah, Inilah 5 Prinsip dan 6 Contohnya! Dijamin Aman

Rabu 02-08-2023,16:03 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

BACA JUGA:Ingin Berasuransi? Jangan Khawatir, Berikut 10 Tips Asuransi yang Aman, Dijamin Tidak Merugikan

Asuransi syariah semakin populer di berbagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, karena memberikan solusi asuransi yang sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai agama mereka. 

Berikut adalah beberapa contoh asuransi syariah yang dapat ditemukan di pasar

1. Asuransi Jiwa Syariah

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko kematian atau cedera yang menyebabkan cacat tetap. Jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap, ahli waris atau tertanggung akan menerima manfaat finansial sesuai dengan ketentuan polis.

2. Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi ini menawarkan perlindungan kesehatan untuk biaya perawatan medis, rawat inap, obat-obatan, dan tindakan medis lainnya.

Peserta asuransi membayar premi dan jika menghadapi masalah kesehatan yang dicakup oleh polis, mereka berhak menerima penggantian biaya perawatan.

3. Asuransi Kendaraan Syariah

Jenis asuransi ini menyediakan perlindungan terhadap risiko kerugian yang terkait dengan kendaraan, seperti kecelakaan, pencurian, atau kerusakan.

Premi dibayarkan oleh pemilik kendaraan dan manfaatnya akan diberikan jika terjadi klaim sesuai dengan ketentuan polis.

4. Asuransi Perjalanan Syariah

Asuransi ini memberikan perlindungan ketika seseorang berpergian, mencakup risiko seperti pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, atau kecelakaan selama perjalanan.

5. Asuransi Properti Syariah

Jenis asuransi ini melindungi properti, seperti rumah atau gedung, dari risiko kerusakan akibat kebakaran, gempa bumi, atau bencana alam lainnya.

6. Asuransi Mikro Syariah

Kategori :