Ini Dia Sejarah Indahnya Panorama Tebing Breksi Yogyakarta

Kamis 03-08-2023,05:51 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Harus kita sukuri kita hidup di Negara Indonesia yang sangat kaya akan tempat wisata yang ada, mulai dari wisata pegunungan, pantai, museum dan banyak lagi lainnya.

Salah satunya tempat wisata yang mempunyai sejarah yakni Tebing Breksi yang harus kalian kunjungi, bahkan kalian juga bisa mengajak teman kantor untuk menghilangkan rasa penat ketika bekerja.

Mungkin sebagian kalian pernah berlibur ke Yogyakarta bahkan bisa dipastikan sebagian besar wisatawan yang menikmati kota gudeg ini pasti akan rindu untuk kembali.

Selain akan makanannya yang nikmat dan penduduknya yang ramah Daerah Yogyakarta juga mempunyai segudang pariwisata yang cukup lengkap mulai dari pantai, gunung, budaya, dan masih banyak lagi.

Salah satu keindahan Yogyakarta hadir di Tebing Breksi, yakni tebing yang mengesankan dan menghadirkan decak kagum. Apalagi pada tebing ini kalian bisa melihat keindahan matahari terbenam yang super cantik.

Bahkan bisa dibilang kawasan ini memang sangat mempesona, yakni dimana kalian akan disuguhkan dengan pemadangan tebing kapur yang membentuk sebuah pemandangan alami. Rasanya ingin sekali mengambil setiap sudutnya dengan kamera.

Oleh karena itu jangan lupa membawa kamera agar setiap momen seru bisa diabadikan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tebing ini adalah sore hari, karena bila siang hari udara panas kota Yogyakarta akan terasa sangat menyengat.

Tetapi bagi kalian yang ingin menikmati kawasan wisata ini memang disarankan untuk datang siang hari, karena saking sepinya bisa untuk foto-foto tanpa harus antri.

Sejarah Singkat Wisata Tebing Breksi

Siapa yang tahu dari mana Tebing Breksi ini berada, jelas jawabannya adalah dari bebatuan kapur yang dihasilkan dari endapan dan hasil erupsi yang berupa abu vulkanik Gunung Nglanggeran yang berada di gunung kidul.

Dimana merupakan gunung api yang menghasilkan morfologi bukit setinggi 30 meter, b ahkan uniknya lagi pada saat penelitian ternyata bebatuan kapur yang ada di kawasan ini hampir sama dengan bebatuan yang ditemukan di daerah pantai Parangtritis hingga Wonogiri.

Yakni dengan kualitas batu terbaik berada di Desa Semilir yang memiliki ketebalan antara 300 meter hingga 600 meter. Bahkan sebelum menjadi kawasan wisata yang cukup epic ini, Tebing Breksi merupakan tempat penambang bebatuan kapur.

Karena terbengkalai dan tidak digunakan lagi sehingga kawasan ini pun disulap menjadi sebuah kawasan pariwisata. Sebenarnya pada saat penambangan kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan, hanya saja baru wisatawan dari Yogyakarta saja.

Kemudian pada 30 mei 2015 Sri Sultan Hamengkubuwono meresmikan kawasan ini sebagai tempat pariwisata baru di Yogyakarta, dan menjadi salah satu pariwisata andalan di wilayah Sleman selain Candi Prambanan.

Lokasi

Kawasan lokasi ini berada di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah istiimewa Yogyakarta.

Petunjuk Jalan Menuju Wisata

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa arahkan kendaraan menuju ke perempatan prambanan, ini adalah titik awal menuju ke tebing breksi.

Kalau dari arah solo belok kiri ketika sampai di lampu merah pertigaan pasar prambanan, jika dari Yogyakarta belok ke kanan lalu ikuti jalan hingga menemui papan petunjuk menuju ke candi ratu boko.

Kurang lebih 100 meter setelah belok ke kiri kalian akan bertemu dengan perempatan, kemudian belok ke kanan kearah candi ijo ikuti saja jalan dan papan petunjuk dan tujuan kalian ada di kiri jalan.

Bagi kalian yang ingin naik transportasi umum, maka titik awal pemberangkatan bisa dari terminal giwangan atau yang berasal dari luar kota bisa turun di stasiun tugu Yogyakarta.

kemudian naik bus trans jogja dengan jurusan pasar prambanan yang harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp5.000 saja. Setelah sampai di halte pasar prambanan kalian bisa melanjutkannya dengan menggunakan ojek yang tersedia di pasar.

Untuk harga kalian bisa menawar sendiri jika semakin pintar menawar, maka kalian akan semakin mendapatkan harga murah.

BACA JUGA:4 daya Tarik yang Menyenangkan di Wisata Kalibiru Yogyakarta

Demikian itulah pembahasan kita mengenai sejarah singkat tentang wisata Tebing Brekis Yogyakarta, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :