Ini Dia 3 Daya Tarik yang Menajubkan di Taman Sari Jogja

Selasa 01-08-2023,17:19 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Setelah sebelumnya kita membahas tentang sejarah wisata ini, maka belum lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui 3 daya tarik yang ada di wisata ini.

Taman Sari Jogja merupakan salah satu tempat wisata seperti istana air yang ada di dalamnya, hal tersebut karena bangunan wisata ini sangat menajubkan seperti halnya di luar negeri.

Jika kalian hendak mengunjungi Taman Sari Jogja sebaiknya siapkan fisik seprima mungkin, hal tersebut karena kalian akan menyusuri setiap bangunan yang ada. Meski terlihat melelahkan namun daya tarik yang dimiliki Taman Sari Jogja menghempaskan semua kelelahan yang ada.

Berikut daya tarik wisata Taman Sari Jogja, antara lain:

1.  Bangunan-Bangunan yang Menawan

Taman Sari Jogja dihiasi dengan berbagai bangunan atau gapura yang terlihat sangat kokoh serta memiliki simbol tertentu. Gapura atau bangunan-bangunan tersebut diantaranya seperti Gapura Panggung, Agung dan Gedung Kenongo serta terowongan atau lorong bawah tanah.

Meski sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan sudah mengalami beberapa kali renovasi, tetapi bangunan-bangunan yang ada di Taman Sari Jogja masih terlihat sangat kokoh.

Hanya di beberapa bagian dindingnya saja yang tampak sudah mulai menghitam. Ketika berada di Taman Sari Jogja banyak para pengunjung yang mengabadikan diri bersama dengan beberapa bangunan yang ada.

2.  Sumur Gumuling

Lokasi selanjutnya bernama Sumur Gumuling yang menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto. Sumur Gumuling bukanlah sebuah sumur biasa melainkan sebuah masjid bawah tanah yang ada ditempat ini.

Selain berfungsi sebagai masjid Sumur Gumuling juga berfungsi sebagai bunker perlindungan bagi sultan dan keluarga jika mengalami serangan yang sangat membahayakan.

Masjid bawah tanah ini berbentuk dua tingkat melingkar hingga 360 derajat dengan bagian tengahnya berlubang, selain itu di masjid ini terdapat sumur yang dikelilingi oleh lima buah tangga yang melambangkan jumlah Rukun Islam.

Lokasi ini merupakan tempat favorit pengunjung untuk berfoto, bahkan pernah digunakan untuk spot foto Prewedding.

3.  Kolam Taman Sari

Daya tarik yang terakhir ialah mengenai kolam pemandian yang ada di Taman Sari Jogja, dimana terdapat tiga buah kolam dengan nama dan fungsi yang berbeda-beda juga.

Kategori :