5 Cara Screenshot Hp Berbagai Jenis Android, Gampang Banget

Jumat 28-07-2023,12:34 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Bagi pengguna hp android tentunya istilah screenshot sudah tidak asing lagi. Menangkap tampilan layar di handphone dapat dilakukan oleh hampir semua ponsel.

Yang membedakan adalah cara melakukan tamgkapan layar tersebut. Dari tiap jenis ponsel biasanya memliki cara yang berbeda antara merk yang satu dengan merk yang lain.

Semakin canggih ponsel yang anda miliki biasanya semakin canggih pula untuk melakukan screenshot pada ponselnya.

Screenshot atau menangkap layar di handphone (hp) sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengarsipkan obrolan penting, bukti transfer, bukti transaksi, dan lainnya.

Cara screenshot di hp Android bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Meskipun yang paling umum digunakan adalah dengan swipe atau menyapu layar.

Salah satu tanda kamu berhasil melakukan screenshot adalah ketika layar hp-mu berkedip. Biasanya, foto screenshot akan secara otomatis tersimpan di galeri.

Merangkum dari laman cnnindonesia.com, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menangkap layar hp.

1.     Menyapu layar

Salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot adalah dengan menge-swipe atau menyapu layar.

Untuk dapat mengaktifkan fitur gestur ini, kamu perlu atur di Pengaturan atau Settings terlebih dahulu.

Pada ponsel Samsung misalnya, buka Pengaturan > Fitur Lanjutan > Motions and Gestures.

Kemudian atur gestur screenshot yang dikehendaki. Bisa menyapu dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

2.     Tekan tombol volume dan power

Cara lain yang paling umum digunakan untuk menangkap layar di handphone adalah dengan menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.

Kamu perlu menahannya beberapa detik hingga layar berkedip yang artinya screenshot telah selesai dilakukan.

3.     Lewat fitur pintasan atau Quick settings

Dikutip dari laman Make Use Of, cara screenshot di hp yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukannya lewat jendela pintasan atau quick settings.

Caranya, gulir layar dari atas ke bawah untuk membuka jendela Quick settings, kamu akan melihat opsi seperti Screen Capture, Screenshot, atau yang serupa lainnya.

Jika kamu tidak menemukannya bisa jadi opsi tersebut masih disembunyikan. Kamu harus menyesuaikan panel pintasan terlebih dahulu dengan mengetuk ikon pensil lalu ubahlan tombol pintas mana yang ditampilkan di menu.

4.     Gunakan bantuan Google Assistant

Aksi tangkap layar ternyata bisa dilakukan dengan meminta bantuan dari Google Assistant.

Kamu bisa mengatakan "Hai Google" untuk mengaktifkan fitur asisten, lalu ucapkan perintah "Ambil tangkapan layar" atau dalam bahasa Inggris "Take a screenshot!"

5.     Unduh aplikasi screenshot

Cara paling mudah untuk kamu menangkap layar bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi ketiga. Aplikasi screenshot sudah bisa kamu dapatkan di Play Store.

Aplikasi screenshot biasanya tidak cuma bisa menangkap gambar di layar saja, tetapi juga dilengkapi fitur untuk menambahkan tulisan, coretan, atau melakukan editing lainnya.

BACA JUGA:Jangan Ragu, Ini Aplikasi Edit Foto Bagi Pemula Dijamin Foto Lebih Bagus

Demikian ulasan cara screenshot di hp yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. (*)

Kategori :