Minuman Segar Ini hanya ada Di Tegal Pas saat cuaca Panas, Nomor 2 Rasanya Mak nyus

Jumat 21-07-2023,09:52 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID - Pada saat seperti sekarang cuacanya yang lumayan panas pastinya tubuh kita akan merasa mudah haus. Ada banyak beragam minuman yang segar beredar di Tegal entah itu yang hits, atau yang jadul maupun yang ngangenin.

Bila bicara yang hits, ini biasanya hanya ramai pada awal saja dan kebanyakan pelanggannya ini merupakan yang usianya masih muda yang ingin mencoba sesuatu hal yang baru. 

Bagi yang legend, sampai kapanpun ini akan tetap ada, seberapa banyak yang ingin mencoba minuman tersebut, pastinya tetap akan dicari versi asli atau originalnya. Apalagi yang namanya juga kangen dan sudah terlanjur suka.

Di Tegal sendiri ada beberapa minuman segar yang legendaris dan hanya ada di Tegal. Pada tempat lain mungkin ada yang mirip, tetapi rasanya tetap saja berbeda. 

Minuman Segar Ini hanya ada Di Tegal Pas saat cuaca Panas, Nomor 2 Rasanya Mak nyus

Apa saja minuman menyegarkan tersebut? Ayo kita simak satu persatu.

BACA JUGA:12 Nama Desa di Kabupaten Tegal yang Sangat Unik, Nomor 11 Pintar Semua apa ya

1.Es Lontrong Slawi

Bila bicara es lontrong, ini jadi teringat ketika masa sekolah dulu, pulang sekolah berjalan kaki ke arah Pasar Lawas (sekarang Ruko Perdagangan) Slawi.

Lalu ke timur sedikit ada gang yang mengarah ke utara.Itu dia, di gang tersebut ada kedai es sederhana yang mepet dengan tembok. Dan itulah es lontrong. Posisinya ada di lontrong atau gang.

Es lontrong ini sudah menjadi idola saat mampir ke Slawi. Apalagi bagi yang lagi reunian di sekolahnya yang dulu di sekitaran Slawi . Atau bisa jkuga yang lagi pengin ketemu kangan dengan teman-teman lama.  Salah satu tujuannya adalah es lontrong!

Minuman segar yang ini terdiri dari kacang hijau, Lalu diberi es serut kemudian disiram santan dan pewarna merah. Cara minumnya yaitu langsung diaduk, hingga semuanya tercampur. 

Jangan langsung diminum ya, sebab dipastikan buih santan yang berwarna putih akan menempel pada bibir kita. Rasanya yang  segar langsung mengisi kerongkongan kita. Bagi yang suka, dapat ditambahkan dengan roti tawar juga.

Isinya yang sederhana, namun memang ini salah satunya yang legendaris di Slawi.

BACA JUGA: Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap dan Menggugah Selera

Tags : #khas tegal
Kategori :