5 Tempat Wisata Alam Kuningan Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Selasa 18-07-2023,15:16 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Kuningan merupakan satu Kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Kuningan sangat terkenal dengan destinasi wisata alamnya.  Wisata di Kuningan Jawa Barat menyuguhkan pesona alam dan wahana menarik yang akan menemani waktu liburan anda.

 

 

Jawa Barat merupakan provinsi dengan keanekaragaman wisata dan kuliner yang terkenal enak. Kabupaten Kuningan di Jawa Barat ini memiliki keindahan alam begitu indah yang membuat takjub mata.

 

Kota ini terkenal akan sejarah dan kebudayaanya yang masih kental dan terus dilestarikan. Mendapat julukan sebagai kota Kuda, hal tersebut dikarenakan hewan tersebut memiliki pengaruh besar pada zaman kesultanan terdahulu.

Terdapat tradisi yang masih terus berjalan hingga saat kini, yaitu lomba ketangkasan dalam menunggangi kuda. Biasanya dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Kuningan yang diadakan di desa tertentu.

Selain memiliki sejarah yang unik, Kota Kuda ini juga memiliki destinasi wisata alam memukau. Diantaranya seperti waduk, curug, telaga, lembah, dan objek alam lainnya yang menarik.

Wisata di Kuningan bisa menjadi alternative liburan yang rekomended bagi anda dan keluarga. Tak hanya itu, anda akan diberikan kenyamanan dalam perjalanan dan biaya terjangkau tentunya tak akan menguras kantong.

 

Berikut daftar destinasi liburan rekomended di Kuningan yang bisa anda kunjungi bersama orang tersayang:

 

1.  Telaha Biru Cicerem 

Telaga Biru Cicerem memiliki keindahan dengan airnya yang bening dan dikelilingi pepohonan hijau.

Daya tarik Telaga Biru Cicerem terletak pada warna air telaga yang memiliki gradasi warna antara biru dan hijau tosca.

Adanya ayunan di atas telaga yang bergelantung di bawah pohon menjadi daya tarik lain dari tempat wisata ini.

Suasana telaga sangat alami dengan pohon-pohon rindang disekitar telaga yang belum tersentuh pembangunan.

Biasanya, wisatawan akan berfoto pada spot ayunan di atas telaga sambil ditemani ikan-ikan di telaga. Perpaduan obyek ini membuahkan hasil foto yang menarik.

Telaga Biru Cicerem memiliki banyak spot foto yang instagramable. Wisatawan dapat membidikkan kamera di handphone sepuasnya untuk mendapat angle yang menarik.

Obyek wisata inipun sempat viral di media sosial.

2.  Curug Bangkong Kuningan Curug Bangkong Kuningan  memiliki tinggi sekitar 15 hingga 20 meter dengan lebar sekitar 3 meter, dimana debit airnya cukup deras. Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan sangat beragam dan pastinya seru banget.

Jalur trekkingnya pun sangat mudah untuk dilalui, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata bagi keluarga di akhir pekan ini.

wisata ini terletak di Desa Kertawirama, Nusaherang, Kuningan Jawa Barat. Jam Opeasionalnya dimulai dari jam 08.00-17.00 WIB dengan harga tinet masuk tujuh ribu rupiah saja.

3.  Telaga Remis 

Telaga Remis, namanya pernah hits dalam bentuk sebuah lagu yang diciptakan oleh Nano. S yang dinyanyikan oleh Nining Meida. Yang menggambarkan keindahan dari Telaga Remis yang romantis.

Telaga atau Talaga artinya danau,   Telaga Remis   memiliki luas sekitar 3,25 hektar dengan dikelilingi pohon-pohon besar. Kamu dapat mencoba mengelilingi area danau dengan menggunakan wahana permainan yang ada.

wisata ini terletak di Desa Kaduela, Pesawahan, Kuningan, Jawa Barat. Jam oprasional wisata ini mulai dari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp. 7.500 saja.

4.  Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat, dengan ketinggian mencapai 3.078 mdpl. Saking tingginya, lokasinya berada di tiga kabupaten.

Salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai ialah via Kuningan, setelah sebelumnya kami sudah membahas   jalur pendakian via Apuy Majalengka .

Hamparan pemandangan alam yang begitu mempesona seolah menarik para petualang dari seluruh pelosok negeri untuk menaklukkan gunung ini. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit, kecantikan bunga edelweiss, kawah, dan lainnya.

5.  Curug Ngelay

Curug Ngelay   merupakan salah satu air terjun atau curug tertinggi yang ada di Kuningan, dimana ketinggiannya mencapai 100 meter dengan lebar sekitar 50 meter.

Hanya saja untuk menikmati keindahan curugnya, kamu harus melakukan trekking yang cukup menantang terlebih dahulu.

 

Itulah 5 tempat wisata yang wajib anda kunjungi bersama orang tersayang bila berkunjung ke Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

(*)

Kategori :