Ada Apa sih di Banyumas Berikut Destinasi Wisata yang Ada di Banyumas

Selasa 18-07-2023,12:19 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

3. Pancuran Pitu

Lokasinya: Ketenger, Baturraden, Banyumas. Cocok dengan namanya, pancuran air ini mempunyai ‘pitu’ atau tujuh pancuran air panas yang bersumber dari Gunung Slamet. 

Ini berbeda dengan pancuran air pada umumnya, pancuran air yang bersumber dari gunung ini mempunyai kandungan belerang, sehingga tidak berwarna bening seperti air, namun berwarna campuran merah, kuning, hingga hijau. 

Air dengan kandungan belerang ini konon mempunyai manfaat untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan dapat menyembuhkan penyakit kulit. Sehingga, banyak warga yang memanfaatkan air dari sumber air ini untuk mencuci muka dan membilas kulit. 

Tidak hanya melihat pancuran air yang unik ini, pengunjung juga bisa menikmati oleh pemandangan lereng Gunung Slamet yang begitu indah pada tempat wisata Banyumas ini.

BACA JUGA: Inilah 5 Tempat Wisata di Purwokerto yang Membuat Anda Lupa Untuk Pulang

4. Kebun Raya Baturraden

Lokasi: Kemutug Lor, Baturraden, Banyumas. Bila di Bogor ada Kebun Raya Bogor, maka di Baturraden, Banyumas ini juga ada Kebun Raya Baturraden. 

Destinasi wisata Banyumas ini yang berada di Kawasan Wana Wisata Perum Perhutani Baturraden yang juga terletak di lereng Gunung Slamet. Pada area seluas ±143 hektare ini, Kebun Raya Baturraden mempunyai koleksi bunga dan tumbuhan yang beraneka ragam. 

Para pengunjung di persilahkan untuk memetik dan mencicipi langsung buah-buahan yang ada di kebun raya ini. Kebun Raya Baturraden ini telah ditetapkan sebagai Kawasan konservasi ex situ (pelestarian hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya) untuk flora Pegunungan Jawa.  Sebagai kawasan pelestarian alam, kebun raya ini juga dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, rekreasi, dan pengembangan IPTEK.

Itulah Informasinya semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin berkunjung ke Banyumas.(*)

BACA JUGA: Anda Mau Berwisata Ke Purwokerto, Inilah Destinasi yang Terbaru Liburan Murah dan Terjangkau

 

Kategori :