Jangan Lakukan Ini! Berikut 7 Faktor Penyebab Munculnya Penuaan Dini Pada Wajahmu

Minggu 16-07-2023,18:05 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada setiap orang, seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, tak hanya disebabkan oleh faktor alami semata, nyatanya penuaan juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lainnya, lho.

Kondisi ini dikenal sebagai penuaan dini atau premature aging, yang membuat seseorang mengalami perubahan fisik tidak sesuai usia, sehingga terlihat lebih tua. Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi kecantikan sehingga menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Namun, perlu diketahui bahwa penuaan dini sebenarnya dapat dicegah sedari dini. Karena itu, pastikan untuk memahami apa saja penyebab penuaan dini.

Berikut 7 faktor penyebab munculnya penuaan dini pada wajahmu

1. Kebiasaan Merokok

Faktor pertama yang menjadi penyebab penuaan dini adalah kebiasaan merokok. Sebab, racun dalam asap rokok akan membuat kulit terserang stres oksidatif.

Perlu diingat bahwa stres oksidatif sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, tanpa terkecuali kulit. Pada kulit, kerusakan dari stres oksidatif dapat berupa kekeringan, kerutan, garis halus, hingga tanda penuaan dini lainnya.

2. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Sebagian orang kerap menerima paparan matahari secara berlebih setiap harinya. Misalnya seperti orang-orang yang bekerja di luar ruangan, atau mereka yang gemar berjemur demi mendapatkan kulit eksotis.

Nah, hal ini sebenarnya perlu dibatasi, karena sinar UV yang berlebih dapat merusak DNA pada sel kulit. Akibatnya kulit berpotensi mengalami berbagai masalah, seperti kerutan sebagai bentuk penuaan dini.

3. Pengaruh Genetik

Ada beberapa kondisi genetik yang sangat langka yang dapat menyebabkan seseorang menunjukkan tanda-tanda penuaan di masa kanak-kanak dan pubertas dini, yaitu progeria.

Selain itu, sindrom Werner juga dapat menyebabkan kulit keriput, rambut beruban, dan kebotakan, yang berkembang antara usia 13 hingga 30 tahun.

4. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

Minuman beralkohol terbukti dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hal ini tidak jauh berbeda dengan efek merokok, yaitu rusaknya jaringan kulit akibat efek radikal bebas.

Efek ini akan semakin terlihat jika Anda juga sering terpapar sinar UV, stres berlebihan, dan tidak menjaga pola makan dengan baik.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, dalam tubuh. Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit.

BACA JUGA:Cantik Butuh Modal! Inilah 8 Produk Kecantikan Termahal di Dunia

5. Pola makan tidak sehat

Pola makan turut memengaruhi kondisi kulit Anda. Beberapa contoh makanan yang bisa memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan, misalnya roti atau pasta, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Kedua jenis makanan tersebut dapat merusak kolagen pada kulit.

Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi jenis makanan lain, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan, anggur, buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

6. Suka begadang

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan penuaan dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini.

Selain penuaan dini, kebiasaan kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda sulit konsentrasi sehingga produktivitas sehari-hari pun terganggu.

Penuaan memang bagian dari proses alami tubuh, tetapi jangan disamakan dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat Anda hindari dan salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk. Dengan demikian, kulit sehat dan tampak awet muda pun dapat Anda miliki.

7. Stres

Banyak hal yang memicu kondisi stres pada diri kamu. Sayangnya, stres dapat meningkatkan faktor risiko penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh.

Saat stres, otak akan melepas hormon kortisol, yakni jenis hormon yang dapat melemahkan kolagen sehingga membuat kulit lebih cepat tua sebelum waktunya.

Selain itu, tubuh akan memicu respons peradangan di dalam tubuh yang dapat merusak kebiasaan tidur kamu.

Sebuah studi yang dimuat dalam The American Journal of Geriatric Psychiatry membuktikan bahwa hormon stres dan peradangan dapat membuat tubuh menua dengan cepat.(*)

Kategori :