Inilah Deretan Jenis-Jenis Hantu Menurut Kepercayaan Masyarakat Bali, dari Leak Hingga Celuluk

Rabu 12-07-2023,16:04 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Masyarakat Bali dikenal dengan kepercayaan akan makhluk gaib yang sangat kuat. Pengalaman mistis kerap melanda warga asli hingga para wisatawan yang berkunjung ke pulau Dewata ini.

Makhluk halus atau hantu menurut keyakinan orang Bali ada berbagai jenis yang berbeda dengan wilayah lain. Penampakan hantu di Bali konon katanya lebih seram daripada di tempat lain, penasaran hantu apa sajakah itu?

Berikut deretan jenis-jenis hantu menurut kepercayaan masyarakat Bali:

1. Leak

Leak merupakan sosok hantu yang tidak lagi asing tidak hanya bagi masyarakat Bali, tapi juga masyarakat Indonesia. Leak digambarkan berwujud berupa mahkluk besar dengan mata mata besar dan gigi tajam.

Di siang hari, Leak umumnya menyamar sebagai manusia biasa. Leak beraksi pada malam hari untuk mencari mangsa di kuburan, seperti organ-organ tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

2. Brerong

Layaknya tuyul dalam kepercayaan masyarakat Jawa, Brerong adalah hantu yang dipercaya kerap digunakan masyarakat Bali untuk mencuri uang. Wujudnya pun serupa dengan tuyul, yakni berkepala botak serta tidak mengenakan pakaian kecuali celana.

Untuk menggunakan jasa Brerong, diketahui seseorang harus memberi tumbal berupa manusia. Setelahnya, mereka juga harus menepati janji-janji tertentu, atau mereka akan menerima akibatnya jika ingkar.

3. Memedi

Memedi secara umum artinya hantu atau makhluk halus, namun dalam kehidupan masyarakat Bali, dikenal dengan istilah engkebang memedi. Engkebang memedi memiliki arti disembunyikan oleh memedi.

Memedi adalah hantu yang dipercaya mendiami semak-semak, pepohonan, ataupun batu besar. Hantu ini senang bermain dengan anak-anak dan menyembunyikannya.

Untuk menemukan anak yang disembunyikan atau engkebang memedi umumnya warga secara beramai-ramai akan menabuh alat musik gamelan Bali (Baleganjur) agar anak yang disembunyikan akan dikembalikan.

4. Celuluk

Celuluk atau leak gundul adalah hantu jadi-jadian dengan wujud yang sangat menyeramkan. Digambarkan hantu ini memiliki rambut yang lebat dan botak pada bagian depan.

Selain itu, memiliki payudara yang besar, bertaring, dengan mata membelalak. Dalam pementasan Calonarang, celuluk disebut sebagai antek-antek dari Rangda.

5. Rangda

Dalam mitologi Bali, Rangda adalah sosok yang menjelma sebagai Ratu para Leak. Penampakannya serupa dengan Leak, yakni berbadan besar dan bergigi tajam.

Masyarakat Bali percaya bahwa Rangda kerap menculik hingga bahkan memakan anak-anak kecil. Tidak hanya itu, Rangda yang merupakan simbol kegelapan dan kejahatan, juga sering diceritakan sebagai musuh utama dari Barong yang merupakan simbol kekuatan baik.

BACA JUGA:Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Inilah 10 Sosok Hantu yang Menyeramkan di China

6. Tonya

Tonya sering dianggap sebagai penunggu sungai atau pohon besar. Makhluk halus ini disebut memiliki kemiripan dengan manusia hanya saja ia tak punya lekukan di antara mulut dan hidung.

Mereka juga dipercaya hidup secara berkelompok.

7. Gregek Tunggek

Gregek tunggek adalah salah satu jenis hantu menyeramkan di Bali. Berwujud wanita dengan menggunakan pakaian serba putih, rambut terurai dan memiliki wajah cantik yang hancur sebelah.

Kemampuan tersebutlah yang digunakan untuk menggoda laki-laki yang ditemuinya. Tapi tenang saja, karena gregek tunggek umumnya hanya menggoda laki-laki yang memiliki niat jahat.

8. Kemangmang

Kemangmang adalah hantu yang dipercaya hanya terdiri dari kepala saja. Hantu ini digambarkan tak memiliki badan, tangan, maupun kaki.

Bentuk kepalanya pun diyakini bolong seperti kelapa yang digigit tupai. Hantu ini diketahui suka mengganggu seseorang yang memiliki hasil panen.

9. Rarung

Rarung dalam lakon Calonarang sama halnya dengan celuluk disebut sebagai antek-antek dari rangda. Rarung digambarkan sebagai sosok yang lebih cantik dan lebih muda daripada rangda.

10. Gamang

Gamang juga disebut tinggal di sungai atau kali dengan hidup menyendiri dan terpisah. Gamang digambarkan sebagai hantu dengan fisiknya buruk, kotor, rambut panjang tergerai tak terurus.(*)

Kategori :