Dapat Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam!

Minggu 09-07-2023,23:00 WIB
Reporter : Emilda
Editor : Emilda

DI SWAY JATENG – Selain dapat atasi nyeri haid, ini 5 manfaat jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam berasal dari Kunyit dan Asam Jawa.

Minuman tradisional tersebut memiliki bermacam-macam manfaat, salah satunya yaitu untuk atasi nyeri menstruasi.

Hal ini dikarenakan bukan tanpa alasan, Dalam penelitian Complementary Therapies in Medicine bahwa senyawa curcumin pada kunyit berpengaruh terhadap karakteristik fisik, perilaku, dan emosi wanita menjelang periode menstruasi.

Termasuk juga dengan kram perut, rasa lelah berlebihan, dan perubahan pada suasana hati.

Ini 5 manfaat Jamu kunyit asam untuk kesehatan  selain atasi nyeri haid antara lain:

1. Mengontrol suasana hati 

Saat memasuki periode menstruasi, terjadi perubahan hormon yang dapat membuat emosi berubah dengan sangat signifikan. Ini menjadi hal yang lumrah saat seorang wanita yang sedang menstruasi menjadi lebih sering sedih atau marah tanpa sebab yang jelas.

Dalam Journal of Affective Disorders,  jamu kunyit asam bermanfaat untuk atasi perubahan suasana hati.

Bekerja dengan menyeimbangkan senyawa kimia pada otak, sehingga dapat mencegah dan mengurangi suasana hati yang berubah-ubah (mood swing) ketika sedang menstruasi.

 

2. Sebagai antioksidan

Alasan antioksidan sangat bermanfaat yaitu karena mereka melindungi tubuh dari radikal bebas. Jamu kunyit asam mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan kuat sehingga bermanfaat dalam menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya.  

Kerusakan oksidatif itu merupakan salah satu mekanisme di balik penuaan dan bermacam

penyakit. Proses tersebut melibatkan radikal bebas yang bereaksi dengan zat organik penting yaitu protein, asam lemak,  atau DNA.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan merangsang aksi antioksidan lainnya. Namun, masih memerlukan studi klinis lebih lanjut diperlukan pada manusia untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

 

3. Mengurangi risiko diabetes

Dengan mengonsumsi jamu asam jawa secara teratur dapat mengendalikan kadar gula darah dan kurangi risiko diabetes.

Diabetes adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan kadar gula darah dalam tubuh yang kadarnya terlalu tinggi. 

Kunyit dapat membantu mengontrol kadar gula darah yang tinggi, ini menurut studi yang  dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Rempah satu ini terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang mengacu pada penurunan kadar gula darah. 

 

4. Mengobati sakit maag

Jamu kunyit asam bermanfaat dalam membantu mengurangi gejala sakit maag.

Proses masalah kesehatan ini merupakan wujud dari refluks asam yang lebih buruk dan bertahan lama, sehingga ulu hati terasa nyeri.

Seperti disebutkan dalam Systematic Reviews, tanaman herbal ini mengandung kurkumin yang dapat membantu menurunkan tingkat kekambuhan gejala dari sakit maag. Sebab, peranannya itu mengontrol pembentukan empedu dan asam lambung yang berlebih. 

 

5. Meningkatkan imunitas

Jamu kunyit asam juga bermanfaat dalam meningkatkan imun, karena kandungan antiperadangan dan antibakteri. 

Jika imunitas tubuh kuat, tentu dapat membuat tubuh lebih aktif dalam melawan berbagai bakteri dan kuman penyebab penyakit.

BACA JUGA:Bisa Dicoba, Manfaat Minum Kunyit Asam secara Rutin untuk Tubuh

 

Itulah 5 manfaat jamu kunyit asam. Selain untuk nyeri haid juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :