Bibir Hitam? Berikut 8 Penyebab yang Membuat Bibir Menjadi Hitam

Minggu 09-07-2023,13:04 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Bibir Hitam? Berikut 8 Penyebab yang Membuat Bibir Menjadi Hitam. Warna bibir cerah dan pink alami menjadi dambaan hampir setiap orang.

Seperti kulit tubuh, warna bibir yang dimiliki setiap orang juga berbeda. Ada yang memang cerah alami, agak merah, bahkan berwarna gelap.

Tidak ada warna kulit di bibir yang lebih sehat dari yang lain. Kendati demikian, warna bibir juga bisa berubah seiring waktu, tak sedikit warna bibir yang berubah juga mengindikasikan bahwa area tersebut memang perlu perhatian dan perawatan.

Beberapa kebiasaan bahkan ada yang membuat bibir berubah warna misal menjadi lebih gelap.

Berikut 8 penyebab yang bisa membuat bibir Anda cenderung hitam :

1. Merokok

Salah satu penyebab bibir hitam adalah kebiasaan merokok. Hal ini karena kandungan nikotin dan benzopyrene dalam rokok tembakau dapat mendorong produksi melanin pada kulit.

Alhasil, bibir kering dan bibir hitam nan gelap bisa terjadi seiring berjalannya waktu. Tak hanya membuat bibir hitam, kebiasaan merokok juga memiliki banyak dampak negatif untuk kesehatan.

2. Konsumsi obat tertentu

Beberapa obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Ini termasuk obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral.

Kulit akan kembali ke warna biasanya setelah pengobatan selesai, tetapi untuk beberapa orang hiperpigmentasi dapat bertahan.

3. Penggunaan produk kosmetik yang kedaluwarsa

Penggunaan produk kosmetik, seperti lipstik atau lip balm, juga menjadi penyebab bibir hitam.  Lipstik atau lip balm yang sudah kedaluwarsa tentu sudah berkurang kualitasnya sehingga bisa memengaruhi kesehatan bibir. Alhasil, bibir jadi hitam.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli dan menggunakan produk kecantikan bibir ini.

4. Konsumsi kafein terlalu banyak

Konsumsi kafein terlalu banyak, konsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, Anda akan mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil.

Dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, serta mengalami perubahan warna jadi lebih gelap, bahkan menghitam.

BACA JUGA:Sebelum Pasang AC, Simak Penjelasan Bahaya Air Conditioner (AC) Bagi Penggunanya

5. Hiperpigmentasi

Penyebab bibir hitam berikutnya adalah hiperpigmentasi. Kulit mendapatkan warna dari suatu pigmen yang disebut dengan melanin. Kurangnya pigmen melanin dapat menyebabkan warna kulit menjadi lebih terang.

Sementara, kelebihan produksi melanin bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap. Ketika kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya, maka dapat menimbulkan hiperpigmentasi.

Akibatnya, kulit menjadi lebih gelap dibandingkan warna kulit lain di sekitarnya. Kondisi ini bisa memengaruhi seluruh area tubuh, termasuk bibir.

6. Kehamilan

Kehamilan ternyata dapat menjadi penyebab bibir hitam terjadi. Sebagian ibu hamil mengalami perubahan kulit yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh.

Bibir, puting payudara, hidung, pipi, dan dahi pun bisa berubah warna menjadi lebih gelap.  Namun, umumnya warna kulit dapat kembali seperti semula setelah masa kehamilan berakhir.

7. Menggigit dan menjilat bibir

Menurut laporan The Health Site, menggigit dan menjilat bibir secara terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan pada kapiler kecil di bibir dan terkadang tidak sembuh dengan baik sehingga menyebabkan perubahan warna pada bibir.

8. Paparan sinar matahari

Mengekspos kulit ke matahari memicu tubuh membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Ini melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Ini juga menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Oleh karena itu, menggunakan lipbalm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari paparan langsung sinar matahari.(*)

Kategori :