Gua Sunyaragi: Ini Dia Tempat Sejarah dan Mitos Perjodohan

Sabtu 01-07-2023,09:57 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

 

Oleh dasar itulah lokasi wisata bersejarah ini diberi nama Sunyaragi yang berasal dari bahasa Sanskerta yakni ‘ Suny a’ dan ‘ Ragi ’ yang artinya adalah ‘ Sepi ’ dan ‘ Raga ’ .

 

Gua Sunyaragi dibangun dengan menggabungkan beberapa ornamen yakni Islam, Hindu, dan Tiongkok. Dan secara keseluruhan menggunakan konsep zaman kerajaan pada masanya.

 

Sekitar pada 1787-an gua ini digunakan sebagai benteng pertahanan waktu terjadinya perang sehingga mengalami terjadinya kerusakan dibeberapa bagian. Maka dari itu sekitar 1852 Taman Sari Sunyaragi atau Gua Sunyaragi diperbaiki atau mengalami pemugaran pada masa Sultan Adiwijaya .

 

Yaitu oleh seorang arsitek yang berasal dari Cina. Gua Sunyaragai telah mengalami beberapa kali perbaikan atau pemugaran dan terakhir dilakukan oleh Pemerintah RI sekitar 1984.

Demikian sekilas tentang sejarah dan mitos yang ada di Gua Sunyaragi, bagi kalian yang hendak datang kesini harap menjaga adab serta menghormati apa saja yang ada di tempat ini.

Jagalah kepercayaan pada setiap daerah yang kita datangi, jangan kaliann perdebatkan apalagi menolak kepecayaan yang ada di tempat ini.

Dan jagalah kebersihan pada tempat ini agar selalu bersih serta nyaman untuk kita kunjungi, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :