Ini Dia 3 Sayuran yang Berbahaya Untuk Kesehatan Jika Digoreng

Rabu 28-06-2023,22:58 WIB
Reporter : Mira Ardini Fairosana
Editor : Mira Ardini Fairosana

DISWAYJATENG.ID – Sering sekali kita menggoreng sayuran untuk lalapan atau lauk untuk makan dengan nasi. Serta rasa nya yang enak membuat menggemar untuk mengonsumsinya.

Walaupun sebenarnya itu tidak sehat untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa sayuran jika digoreng akan menyebabkan kanker. Untuk hal itu kita mesti harus hati-hati lagi dan merubah yang dulu di goreng sekarang direbus.

Dilansur dari Halodoc bahwa ada beberapa sayuran yang tidak boleh digoreng karena bisa memicukan penyakit berbahaya bagi tubuh.

Ini dia 3 sayuran yang berbahaya untuk kesehatan jika digoreng.

1. Kol

 

Menggoreng sayur Kol akan mengandung senyawa amina heterosiklik (bersifat karsinogenik pemicu kanker, risiko obesitas dan penyakit jantung).

Oleh karena itu kandungan dalam kol akan berubah ketika digoreng dan berpotensi menbentuk senyawa karsinogenik. Senyawa tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus karena berpotensi menimbulkan kanker. Walaupun sayur kol sanagt enak jika digoreng tapi sebaiknya diolah dengan direbus atau cara lain.

2. Terong

 

Terong yang digoreng bisa merusak tekstur terong itu sendiri dan membuat lemak yang terkandung dalam minyak menjadi melekat pada sayuran.

Karena itu akan mengakibatkan dampak beresiko terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi, serta menyebabkan penyakit kardiovaskular karena menghambat aliran darah.

3. Brokoli

 

Sayuran yang tidak boleh untuk digoreng adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang bersifat antioksidan. Atau dapat menjadi perbaikan bagi kerusajan sel dalam tubuh.  

Brokoli jika digoreng dapat membentuk senyawa yang berbahawa seperti aldehida dan senyawa radikal bebas. Dimana snyawa dapat menyebabkan kerusakan sel yang memicu peradangan dalam tubuh.

Serta brokoli yang digoreng akan berpotensi meningkatkan risiko penyakit degeneratif dan kanker. Untuk menjaga kualitas gizi dan meminimalkan risiko bahaya. Maka disarankan untuk pengolahan sayur brokoli lebih baik seperti dikukus, rebus, panggang atau dikonsumsi secara langsung.

Meskipun ketiga sayuran yang diatas sangat nikmat dan enak jika digoreng. Jangan sampai kenikmatan akan merusak tubuh kita, maka olah dengan baik ke tiga sayuran tersebut agar tibuh kita terhindar dari penyakit-penyakit yang merugikan.

BACA JUGA: Siapa Sngka, Ciplukan Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Cek Berikut Ini!

BACA JUGA: Ini Dia Olahraga yang Cocok Untuk Menambah Tinggi Badan! Berikut dengan Jenis Vitaminnya

Sebaiknya ketiga sayuran tersebut diolah dengan cara dikuku, panggang, rebus atau dimakan secara langsung. (*)

Kategori :