Ingin Kuku Cantik dan Sehat? Ini Tips nya

Sabtu 24-06-2023,12:20 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Tampilan kuku cantik dan terawat  menjadi hal yang penting bagi kaum wanita. Sebenarnya tampilan kuku cantik dan terawat tidak hanya untuk kaum wanita saja, pria pun akan lebih maksimal penampilannya ketika kukunya terawatt.

Banyak orang melupakan perawatan kuku, atau bahkan mungkin tidak menganggapnya sepernting bagian tubuh yang lain. Menjaga kuku tetap sehat dan cantik tidaklah sulit dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Tips Merawat Kuku

Agar kuku tetap terawat sehat dan terlihat cantik ada beberapa tips yang dapat anda lakukan :

1.     Batasi Prosedur Manikur

Manikur merupakan perawatan kuku yang sangat orang gemari. Perawatan ini munbgkin membuat kuku terlihat dan cantik untuk sesaat. Namun jika anda terlalu sering bisa membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Penyebabnya adalah paparan bahan kimia yang mereka gunakan selama prosedur perawatan.

2.     Jangan Memotong Kutikula

Perlu anda ketahui, jangan pernah memotong kutikula pada saat merawat kuku. Kutikula adalah penghalang alami untuk menangkal jamur dan bakteri. Begitu anda memotongnya, maka perlindungan akan hilang. Jika perlindungan alami kuku hilang tak hanya akan membuat kutikula jadi lebih jelek. Hal ini juga dapat memicu infeksi pada dasar kuku. Bahkan kuku bisa menjadi rusak permanen.

3.     Kurangi Penggunaan Aseton

Aseton sering orang gunakan untuk menghapus kutek atau cat kuku. Sesekali mungkin tidak menjadi masalah namun jika terlalu sering dapat membuat kuku menjadi rapuh dan rusak.

4.     Hindari Penggunaan Amplas yang Kasar

Mengikir kuku menggunakan papan amplas mungkin sering orang lakukan agar kuku cantik dan halus. Sebenarnya kebiasaan ini berbahaya. Mengamplas kuku menggunakan amplas kasar dapat memicu munculnya celah kecil dan retakan yang menyebabkan kerusakan dan robekan kuku.

Jadi jika anda ingin mengamplas kuku pastikan alat yang anda gunakan tidak kasar ya.

Menggunakan amplas yang halus pada kuku boleh saja. Asalkan anda lakukan   dengan cara yang benar. Amplas kuku secara perlahan agar tidak merusak kuku dan dalam satu arah saja.

5.     Jangan Mencuci Tangan Berlebihan

Meningkatnya kesadaran akan kebersihan selama pandemic membuat banyak orang menjadi rajin cuci tangan . Ini tentu adalah hal yang baik, namun jika berlebihan tentu akan menjadi lain cerita.

Tak hanya berdampak pada kulit, mencuci tangan berlebihan juga bisa membuat kuku rusak dan tidak cantik lagi. Hindari cuci tangan berlebihan dan gunakan pelembab pada area kutikula beberapa kali sehari. Saat melakukan pekerjaan rumah meminimalkan kontak dengan bahan kimia keras, seperti cairan pencuci piring.

6.     Lembabkan Dasar Kuku dan Kutikula

Untuk menjaga kuku tetap cantik bisa juga dengan melembabkan dasar kuku akan membantu kuku tumbuh. Hal ini juga dapat membuat kutikula terlihat lebih baik dan membantu melindungi kuku agar tidak patah karena kurangnya kelembapan. Jika kuku rentan patah, itu bisa menandakan bahwa kuku membutuhkan kelembaban. Mengoleskan minyak pada sekitar kutikula dapat membantu melembabkan seluruh kuku yang akan mengurangi inbsiden kuku retak dan pecah.

7.     Minum Suplemen Biotin

Selama anda makan makanan yang sehat dan bervariasi, anda tidak memerlukan suplemen makanan apapun untuk menjamin kuku kuat. Namun, bagi orang dengan kuku yang lemah dapat mengonsumsi suplemen biotin. Suplemen biotin ini bermanfaat untuk memperkuat dan menumbuhkan kuku.

BACA JUGA:Wow! Cacing Tanah Ternyata Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Nah, itulah pembahasan mengenai tips merawat kuku agar terlihat cantik dan juga sehat. Cukup mudah caranya, anda dapat mencobanya sendiri. (*)

Kategori :

Terkait