Ini Dia 5 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Kamis 22-06-2023,09:18 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –  Buah delima   adalah salah satu buah yang unik pada bagian dalamnya berbentuk seperti batu permata yang menjadi khas buah delima . Biji ini dapat kita makan langsung atau kita campurkan ke dalam masakan atau buat jus.

Buah delima juga mengandung nutrisi dan antioksidan b uah yang ini rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi serat, vitamin, dan mineral. Buah d elima secara umum sangat sehat dan aman untuk kita konsumsi.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh KIta

Akan tetapi ada kemungkinan beberapa orang mengalami reaksi alergi saat mereka memakan buah delima. Oleh sebab itu pastikan keadaan kesehatan kita sebelum mengonsumsi buah delima.

Berikut adalah berbagai manfaat buah delimi bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

1.   M embantu menjaga kesehatan pencernaan

Bagi kita k esehatan pencernaan sebagian besar faktornya adalah oleh bakteri pada bagian usus. Buah d elima dapat meningkatkan kadar bakteri usus yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita terutama membantu pencernaa.

Dalam b uah delima juga kaya akan serat yang sekitar 3,5 gram per ½  cangkir (87 gram). Bagia s erat sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan dapat melindungi dari beberapa masalah pencernaan .

S eperti rasa sembelit, wasir, kanker usus besar, penyakit gastroesophageal reflux, dan divertikulitis.

 

2.   M embantu mencegah kanker

Bagian s enyawa dalam buah dan jus serta minyak delima dapat membantu membunuh atau memperlambat penyebaran sel kanker dalam tubuh. Buah ini juga menunjukkan efek anti tumor pada kanker paru-paru, payudara, prostat, kulit, dan usus besar.

Buah d elima sebagai salah satu obat alami yang dapat membantu mengobati atau mencegah kanker prostat. Polifenol dalam buah delima dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang berhubungan dengan kanker prostat.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kanker jika kita mengkonsumsi buah delima

 

3.   Me mbantu melindungi dari Alzheimer

Buah d elima juga mengandung senyawa yang kita sebut ellagitannins yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Senyawa tersebut dapat melindungi otak dari kondisi yang ter pengaruhi oleh peradangan dan stres oksidatif.

Ellagitannins juga dapat membantu melindungi otak dari perkembangan penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson . Yaitu   dengan cara mengurangi kerusakan oksidatif dan meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel otak.

Ellagitannins dalam buah delima kita yakini dapat membantu menghasilkan senyawa dalam usus yang kita sebut urolithin A .  Dapat kita ketahui hal ini mampu mengurangi peradangan bagian otak dan menunda timbulnya penyakit kognitif.

 

4.   Me mbantu menangani arthritis

Buah delima memiliki k andungan yang dapat melenyapkan beberapa sinyal genetik yang berkontribusi terhadap osteoarthriti. Hal ini menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu mencegah timbulnya osteoarthritis.

Buah d elima juga dapat membantu mengelola komplikasi dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Akan teta pi ada kemungkinan jus delima dapat mempengaruhi tingkat penyerapan obat

 

5.   M embantu menjaga kesehatan jantung

Jus buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dan arteri. Ekstrak buah delima dapat mengurangi stres oksidatif dan pembengkakan arteri, menurunkan tekanan darah, dan membantu melawan aterosklerosis. 

Pada sebuah studi penderita penyakit jantung kita beri 1 cangkir  atau 220 mL jus delima setiap hari selama lima hari. Jus tersebut secara signifikan mengurangi frekuensi dan keparahan nyeri dada serta biomarker tertentu dalam darah .

Dengan hasil yang menunjukkan efek perlindungan pada kesehatan jantung.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh kita, semoga bisa bermanfaat. (*)

Kategori :