Wajib Anda Coba, Inilah Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera Dan Lezat

Senin 19-06-2023,13:50 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID - Wajib Anda Coba, Inilah Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera Dan Lezat. Tegal adalah salah satu kawasan yang ada di Jawa Tengah dan terdiri dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Ini terdapat berbagai macam kuliner khas Tegal mulai dari makanan yang ringan maupun yang berat serta wajib untuk mencobanya.

Ketika mendengar kata Tegal dan membicarakan soal kuliner, tentunya ada satu yang menarik dari kota ini, yaitu Warung Tegal alias Warteg. Gaya warung makan ini dengan berbagai macam lauk pauk dan sayur mayur ini bahkan telah terkenal hingga ke Ibukota Jakarta.

Wajib Anda Coba, Inilah Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera Dan Lezat

Dan buat kamu yang masih penasaran soal apa saja sih makanan khas Tegal yang menarik untuk Anda coba, berikut ini beberapa makanan yang Enaka dan lezat serta Menggugah Selera, antar lain:

1. Sega Ponggol

Sega Ponggol adalah makanan khas Tegal yang biasa menjadikannya sebagai menu sarapan pagi hari.  Sega ponggol yaitu campuran antara nasi putih yang membungkusnya dengan daun pisang.

Adapun nasi putih tersebut menyajikannya dengan lauk tempe dan tahu orek. Tidak hanya itu, terkadang pula penjual juga menambahkan lauk pauk lainnya seperti mie goreng, telur dadar dan lainnya. Dengan harga seporsi sega ponggol ini hanya Rp 5.000 saja.

2. Sate Kambing Muda

Bagi Anda pecinta daging kambing, tidak perlu khawatir karena Tegal ini juga terdapat kuliner khas berupa sate kambing muda. Dan berbeda dengan sate kambing biasanya, sate kambing muda asal Tegal ini mempunyai ciri khas pemilihan kambing berusia bawah lima bulan (balibul) dan bawah tiga bulan (batibul) sehingga dagingnya sangat enak dan empuk.

Bagi yang masih penasaran dan ingin mencoba sate kambing muda ala Tegal tersebut bisa mengunjungi salah satu yang terkenal. Adalah Sate Kambing Muda yang terletak pada Jalan Sultan Agung, Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal.

3. Soto Tauco

Ketika mampir ke Tegal bila ingin menyantap makanan berkuah yang sangat lezat untuk menyantapnya, kamu bisa mencoba Soto Tauco.  Tauco sendiri adalah makanan fermentasi yang telah terbuat dari biji kedelai yang sudah melalui proses perebusan, dan sudah pula menghaluskannya, dan mengaduknya dengan tepung terigu.

Dan soto Tauco ini biasanya menyajikannya dengan tauge, lontong dan potongan daging ayam. Serta bagi Anda yang tidak sabar mencicipi lezatnya Soto Tauco ini bisa mengunjungi Soto Tauco Sedap malam yang berada pada sepanjang jalan raya talang (perempatan lampu merah butak ke selatan).

4. Glotak

Selanjutnya yaitu makanan kecil khas Tegal yang bernama Glotak. Glotak adalah olahan gembus atau sejenis oncom yang memasaknya dengan bumbu khasnya.

Kategori :