Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Yang Ada di Dalam Arang Aktiv

Minggu 18-06-2023,10:35 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID - A rang aktif merupakan serbuk halus berwarna hitam yang terbuat dari tulang, tempurung kelapa , kokas minyak bumi kita sebut arang aktiv. Arang ini kita proses dengan pemanasan pada suhu tinggi yang menyebabkan perubahan struktur internal arang, yang mengurangi ukuran pori-pori arang.

Tekstur arang aktif yang berpori inilah yang membedakannya dari jenis arang lainnya. Maka dari itu kita akan membahas berbagai manfaat kesehatan yang ada pada arang aktiv, antara lain:

1. Memutihkan pada area gigi

Arang aktif telah lama kita manfaatkan sebagai pemutih gigi yang sangat efektif. Karena a rang aktif bekerja dengan menempel pada partikel kecil yang memicu terbentuknya noda pada gigi kita .

Akan tetapi arang aktif tidak bisa kita gunakan setiap hari sebagai pengganti pasta gigi atau perawatan mulut rutin . Kita hanya boleh melakukannya hanya beberapa kali seminggu untuk melihat hasilnya.

Selain itu a rang aktif tidak akan efektif kita gunakan pada gigi yang ter lapis dengan   veneer .

 

2. Meningkatkan fungsi pada ginjal

Apabila g injal yang sehat dan berfungsi dengan normal biasanya mampu menyaring darah tanpa memerlukan bantuan tambahan. Akan tetapi pada individu yang memiliki penyakit ginjal kronis umumnya mereka lebih sulit mengeluarkan urea dan racun lainnya dari tubuh.

A rang aktif dapat meningkatkan fungsi ginjal dengan cara mengurangi kuantitas produk limbah yang harus ter saring oleh ginjal . S ehingga sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita penyakit ginjal kronis.

Arang aktif kita yakini mampu mengikat urea dan limbah lainnya dalam tubuh dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

 

 

3. Mengurangi gejala sindrom trimetilaminuria atau bau ikan

Arang aktif juga bisa mengurangi bau tidak sedap pada orang dengan trimetilaminuria (TMAU), yang juga kita kenal sindrom bau ikan. TMAU merupakan kondisi ketika trimetilamina senyawa yang berbau ikan busuk terakumulasi dalam tubuh kita .

TMAU sendiri dapat kita artikan sebagai kondisi yang bersifat genetik. Bagi orang yang normal TMA yang berbau amis dapat kita ubah menjadi senyawa .  

Hal ini akan mengakibatkan tidak berbau sebelum kita keluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.

 

4. Mengatasi berbagai masalah pada kulit

Arang aktif sudah lama kita andalkan untuk berbagai perawatan kecantikan karena memiliki kemampuan yang kuat untuk menghilangkan racun. kemampuan ini memungkinkan arang aktif dapat kita gunakan pada kulit untuk mengencangkan pori-pori .

Bahkan juga mengatasi masalah  jerawat , menyembuhkan gigitan serangga dan luka, dan mengurangi minyak pada kulit. Untuk perawatan pada kulit arang aktif lebih efektif jika kita gunakan secara topikal dari pada oral.

 

5. Mengatasi penyakit diare

Arang aktif memiliki kemampuan untuk seperti menyerap racun sebab itu beberapa orang memilih menggunakan arang aktif sebagai pengobatan  diare . Menurut sebuah jurnal  Current Medical Research and Opinion 2017 meneliti tentang penggunaan arang aktif untuk diare .

P eneliti menyimpulkan bahwa arang aktif memiliki potensi untuk mencegah bakteri dan elemen lain pemicu diare ter serap ke dalam tubuh kita. Yaitu dengan cara memerangkapnya pada permukaan arang aktif yang berpori dan bertekstur.

Walaupun begitu ada baiknya untuk tidak menggunakan arang aktif secara berlebihan karena kita khawatirkan dapat menyebabkan efek samping tertentu.

 

 

6. Menurunkan kolesterol

Arang aktif kita percaya dapat membantu mengurangi kadar  kolesterol yang ada dalam tubuh . Hal itu karena arang aktif dapat mengikat kolesterol dan asam empedu yang mengandung kolesterol pada usus sehingga mencegah tubuh menyerapnya.

 

7. Mengurangi gas usus

Pada b ubuk arang aktif kita yakini mampu mengatasi masalah gas usu s. Hal itu karena cairan dan gas yang terperangkap dalam usus akan melewati jutaan lubang kecil pada arang aktif .

Serta proses ini dapat menetralisasi gas tersebut yang ada dalam tubuh kita .

 

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Keju

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat kesehatan yang ada dalam arang aktiv, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :