6 Makanan Ini Dapat Mencerahkan Kulit Anda, Penasaran? Ini Dia

Sabtu 17-06-2023,14:41 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Makanan juga ternyata dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan-kandungan yang ada dalam makanan tersebut yang turut membantu menjaga kesehatan kulit kita.

Mungkin selama ini anda hanya tahu bahwa produk perawatan kulit yang dapat membantu supaya kulit putih dan cerah. Ternyata terdapat sejumlah makanan yang membantu produk skincare bekerja lebih cepat, baik untuk memutihkan sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Daftar Makanan yang Dapat Memutihkan Kulit

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk anda jaga kesehatannya. Tidak hanya melalui produk perawatan, anda juga bisa menjaganya melalui makanan bernutrisi.

Anda sebaiknya menginsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Beberapa jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan bisa membantu mencerahkan kulit sehingga anda tampil maksimal.

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat membantu kulit anda:

1.        Kiwi

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam sebuah studi International Journey of Dermatology (2010) menunjukkan penggunaan vitamin C selama 12 minggu membantu menghilangkan melisma atau hiperpigmentasi. Selain itu, vitamin C ini bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit.

Bagian kulit buah kiwi justru memiliki kandungan senyawa antioksidan tiga kali lipat dari pada daging buahnya. Memakan kiwi dengan kulitnya, maka anda dapat merasakan manfaat lebih banyak untuk memutihkan kulit dan melawan radikal bebas.

2.        Biji Bunga Matahari

Kuaci atau biji bunga matahari bukan hanya sebagai makanan ringan untuk mengisi waktu uang saja. Kuaci ternyata bermanfaat untuk membuat kulit anda lebih cerah berkat kandungan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan kulit. Biji bunga matahari tinggi akan vitamin E. penggunaan vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Ultra Violet.

Selain itu, terdapat kandungan penting lain dalam biji bunga matahari seperti protein, selenium dan zinc yang baik untuk kesehatan kulit.

3.        Kacang Almond

Kacang almond mengandung nutrisi penting seperti vitamin E, C, Zinc dan selenium. Kandungan asam lemak omega-3 seperti eicosapentaenoic acid (EPA) dalam kacang almond juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian, asupan 4 gram EPA selama tiga bulam membantu meningkatkan ketahanan kulit terhadap efek kulit terbakar matahari.

Kulit yang terkena sinar matahari terus menerus bisa menimbulkan kulit menjadi kusam, kering, bintik-bintik gelap hingga risiko kanker kulit. Namun, anda juga hindari mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan. Karena bisa memicu efek samping seperti sakit perut, kembung dan alergi bagi sebagian orang.

4.        Tomat

Tomat juga ternyata bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah berkat kandungan vitamin C. selain vitamin C tomat juga mengandung senyawa likopen. Yakni salah satu jenis karotenoid yang memberi warna cerah pada buah tomat. Likopen dalam tomat akan melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari dan menurunkan risiko kanker kulit seperti karsinoma kulit nonmelanoma.

Likopen juga akan meningkatkan status antioksidan dalam kulit. Hal ini membuat sel-sel kulit lebih mampu untuk melawan radikal bebas dri lingkungan.

5.        Wortel

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A dalam bentuk betakarote. Tubuh membutuhkan nutiris ini untuk memperbaiki jaringan dalam kulit yang rusak. Mengonsumsi wortel secara rutin akan membantu membuat kulit anda lebih sehat. Vitamin A juga membantu melawan kulit terbakat sinar matahari serta keriput.

Penggunaan retinol sebagai bahan aktif dari vitamin A dalam skincare juga bisa membuat kulit anda tampak lebih cerah. Selain sebagai produk anti aging, retinol juga membantu melawan bintik-bintik hitam akibat sinar matahari.

6.        Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin tinggi dan dapat anda jadikan menu makanan untuk membantu memutihkan kulit. Brokoli melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kulit keriput. Brokoli juga memiliki kandungan senyawa khusus bernama sulforaphane. Senyawa sulforaphane ini membantu melindungi kulit anda dari efek penuaan akibat sinar matahari.

Itulah beberapa makanan yang dapat anda gunakan untuk membantu merawat kulit anda. (*)

Kategori :