Inilah 15 Kuliner Khas Betawi

Sabtu 17-06-2023,09:31 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Kota Betawi merupakan suatu kota yang berada di provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Tempat ini menjadi sentral bagi pemerintahan dan segala aktivitas ekonomi, sosial, budaya, dan politik di Indonesia . Berikut adalah 15 kuliner khas Betawi:

1. Kerak Telor

Kuliner khas Betawi yang pertama ada Kerak telor . Kerak telor adalah hidangan tradisional Betawi yang berbahan dasar beras ketan yang digoreng dengan telur ayam, bumbu rempah-rempah, dan serundeng. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan taburan bawang merah goreng dan serundeng di atasnya.

2. Soto Betawi

Kedua ada Soto Betawi . Soto betawi merupakan sup daging sapi yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah khas Betawi. Pada soto Betawi terdapat potongan daging sapi, kentang, tomat, dan daun bawang. Soto Betawi ini biasanya ditambahkan dengan kerupuk dan sambal.

3. Ketoprak

Makanan khas Betawi berikutnya ada Ketoprak , makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, bihun, tauge, dan sayuran lainnya, lalu dibayurkan dengan bumbu kacang kental. Ketoprak juga biasanya diberi tambahan rempeyek kacang sebagai topping.

4. Asinan Betawi

Berikutnya ada Asinan Betawi , makanan ini merupakan campuran berbagai jenis buah -buahan dan sayuran seperti timun, kol, wortel, nanas, dan bengkuang yang dicampur dengan bumbu kuah kacang yang asam dan pedas.

5. Nasi Uduk

Kelima Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan kayu manis. Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tempe, dan sambal. Nasi uduk juga biasanya di santap ketika pagi hari.

6. Nasi Ulam

Nasi ulam , kuliner khas Betawi satu ini merupakan nasi yang dicampur dengan berbagai jenis daun, rempah-rempah, dan bumbu seperti daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, serai, dan lainnya. Nasi ulam sering disajikan dengan lauk seperti ikan bakar atau ayam goreng.

7. Sate Blora

Lalu ada Sate Blora , hidangan khas Betawi ini adalah sate yang terbuat dari daging ayam yang ditusuk dengan bambu lalu dibakar. Sate Blora disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan taburan bawang goreng.

8. Sayur Asem

Sayur asem merupakan sup sayuran yang asam dengan campuran bumbu-bumbu seperti terong, kacang panjang, labu siam, jagung muda, dan daun melinjo. Sayur asem memiliki rasa segar dan asam yang khas.

9. Soto Tangkar

Selanjutnya Soto Tangkar , soto ini adalah soto khas Betawi yang menggunakan daging iga sapi sebagai bahan utamanya. Soto Tangkar biasanya dimasak dengan kuah bening yang kaya rempah, dan disajikan dengan nasi, emping, dan sambal.

10. Kue Lumpur

Kue Lumpur merupakan kue tradisional Betawi yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, dan telur yang kemudian dipanggang dalam cetakan khusus. Kue Lumpur memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan aroma pandan yang khas.

11. Kerupuk Mlarat

Kerupuk Mlarat , kerupuk ini merupakan kerupuk udang khas Betawi yang memiliki ukuran besar dan rasanya gurih. Kerupuk Mlarat seringkali dijadikan camilan atau tambahan pada hidangan asinan.

12. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan roti khas Betawi yang berbentuk seperti buaya. Roti ini biasanya berisi selai kacang, keju, atau selai cokelat. Roti Buaya merupakan camilan yang populer di Betawi.

13. Rujak Serut

Rujak Serut , rujak ini memiliki campuran berbagai buah dan sayuran yang diiris halus dan dicampur dengan bumbu rujak yang pedas dan manis. Rujak Serut juga sering ditambahkan dengan kerupuk dan kacang sebagai pelengkap.

14. Es Doger

Es Doger adalah minuman khas Betawi satu ini terdiri dari santan, gula merah, cincau, kelapa muda, dan es serut. Es Doger sering dijadikan sebagai hidangan penutup yang menyegarkan.

15. Pecak Bandeng

Pecak Bandeng merupakan ikan bandeng bakar dengan bumbu khas Betawi yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan rempah-rempah. Pecak Bandeng biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.

Itulah 15 khas Betawi yang bisa kalian coba.

Kategori :