Tidak Sulit, Ini Dia Umpan Memancing Sungai! Pilih Salah Satu

Jumat 16-06-2023,16:05 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Umpan memancing sungai besar tidak semudah memancing pada sungai kecil. Banyak perbedaan situasi pada kedua lokasi ini.

Memancing sungai merupakan salah satu aktivitas yang sebagian orang sukai. Selain menjad sebuah hobi yang menyenangkan, aktivitas memancing ini bermanfaat juga untuk menghilangkan stress serta kejenuhan.

Salah satu hal yang penting dan perlu anda siapkan sebelum melakukan aktivitas memancing ini adalah persiapan. Persiapan yang tidak kalah penting adalah persoalan umpan apa yang akan anda gunakan.

Umpan Mancing Sungai Besar

Tidak hanya mempersiapkan alat-alat pancing. Anda juga harus menentukan lokasi pemancingan terbaik dan memastikan kondisi cuaca sebelum berangkat.

Melansir dari situs p2k.unimus.ac.id, teknik memancing ikan laut dengan sungai hampir sama. Lalu apa saja jenis umpan yang mampu menarik perhatian ikan. Berikut ini beberapa pilihan umpan yang dapat anda gunakan saat memancing :

1.        Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan jenis umpan yang paling umum pemancing gunakan. Bau amis serta gerakan cacing mampu menarik perhatian ikan. Anda bisa mendapatkan cacing dengan mudah pada kebun yang memiliki tanah gembur dan lembab.

2.        Belalang

Belalang adalah jenis serangga yang dapat anda jadikan pilihan umpan untuk menarik ikan berukuran besar. Anda dapat mendapatkan belalang pada area persawahan ataupun rerumputan.

3.        Jangkrik

Umpan pilihan berikutnya adalah jangkrik. Memiliki ketahanan yang lama serta gerakan dan bau yang jangkrik hasilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan.

Sebelum anda melempar umpan ke air, pencet dulu bagian perut sampai keluar sedikit cairan yang mempunyai bau khas. Jangkrik dapat anda temukan pada bawah tumpukan kayu hingga ik untuk rerumputan.

4.        Katak Kecil

Umpan ini dapat anda temukan pada area persawahan terutama saat musim hujan. Umpan ini juga menjadi salah satu umpan terbaik buat memancing. Gerakannya yang lincah ketika anda pasang sebagai umpan membuat ikan senang untuk mendekatinya.

5.        Udang Kecil

Salah satu ikan yang menyukai umpan ini adalah kakap merah. Mencari udang tidaklah sulit, ia jugabiasanya bersembunyi pada balik bebatuan, tanaman air atau tempat bersembunyi lainnya. Gerakan alami udang inilah yang menjadi daya tarik bagi kakap.

6.        Orong-orong

Serangga yang satu ini mempunyai kulit tebal dengan warna coklat terang sampai gelap. Hidupnya pada sekitar area persawahan dan akan naik ke pematang apabila sawah tergenang air.

7.        Ulat Daun pisang

Ulat daun pisang atau entung sebetulnya adalah larva kupu-kupu. Ini merupakan jenis umpan yang mudah anda dapat. Anda cukup mencari daun pisang yang tergulung maka akan terlihat ulat daun pisang yang hidup, tubuhnya sedikit berbulu serta berwarna keputihan. Geliat ulat daun pisang ini dalam air yang membuat ikan menjadi tertarik untuk datang.

8.        Anakan Kecoa

Umpan selanjutnya adalah anakan kecoa. Mungkin sebagian orang akan merasa sedikit jijik dengan hewan ini sebab hidupnya pada tempat yang kotor. Seperti pada tempat tumpukkan benda-benda tidak terpakai.

9.        Kroto

Kroto merupakan telur semut rang-rang biasanya orang manfaatkan sebagai pakan burung. Namun, tidak sedikit juga pemancing menjadikannya sebagai umpan. Kroto memiliki bau yang khas dan kuat sehingga ikan menyukainya. Beberpa ikan yang tertarik pada umpan kroto ini antara lain, gurame, ikan mas, lele, mujahir hingga patin.

10.    Larva Tawon

Larva tawon termasuk jenis umpan yang agak sulit anda dapatkan. Namun, umpan agresif ini sangat bagus untuk memancing sebab bisa menarik berbagai jenis ikan. Umpan ini sangat cocok untuk sungai berarus kuat.

BACA JUGA:Memancing Kakap Putih Tidaklah Mudah, Pemancing Harus Tahu Tekniknya

Itulah 10 umpan mancing yang dapat menjadi pilihan anda dalam menyalurkan hobi memancing. Selamat Mamancing. (*)

 

Kategori :