Ini Dia Berbagai Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Bayi

Jumat 16-06-2023,09:12 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Buah n anas buah yang lezat serta penuh dengan manfaat kesehatan untuk bayi, anak-anak, maupun orang dewasa ketika memakan buah nanas .  B uah tropis ini sangat mudah kita dapat dan bisa kita olah menjadi berbagai jenis makanan atau minuman.

 

Walaupun buah ini juga terasa asam akan tetapi masih kita anggap aman untuk bayi saat usianya sudah mencapai 6 bulan. K easaman pada buah ini juga dapat menyebabkan ruam popok pada bayi .

 

  Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan bayi, antara lain.

 

1. Mendukung kesehatan dan pertumbuhan rambut

Kandungan v itamin C dalam buah nanas dapat membuat rambut lembut dan berkilau. Selain itu juga bromelain memainkan peran besar dalam memperkaya folikel rambut dan meningkatkan elastisitas dan ketebalan rambut .

 

2. Membantu menjaga hidrasi tubuh

Menurut Mom Junction porsi 100 gram nanas mengandung 85 gram air . Hal ini membuat nanas sangat baik untuk menjaga hidrasi tubuh, mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Buah n anas juga memiliki rasa yang segar serta mikronutrien , m ikronutrien ini sangat penting untuk mempertahankan berbagai reaksi fisiologis .

 

3. Menjaga kesehatan jantung

Bromelain dalam buah nanas telah ter kaitkan dengan manfaat kardioprotektif bila kita konsumsi secara

teratur. Bromelain kita ketahui dapat membantu mengurangi pembekuan darah dan membantu menghilangkan plak dari dinding arteri .

 

4. Dapat menghilangan cacingan

Menurut literatur pengobatan tradisional seperti jus nanas kita yakini dapat mengatasi kondisi cacingan. Menurut J urnal  Livestock Research for Rural Development  tahun 2016 peneliti mencatat sifat antelmintik .

Atau suatu golongan obat yang dapat mematika n cacing dalam usus manusia atau hewan sehingga cacing dapat keluar dengan kotoran.   Akan tetapi masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

 

5. Mengontrol peradangan

Bromelain kita ketahui dapat menurunkan produksi molekul yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Hal ini sangat membantu mengurangi kejadian nyeri sendi, penyakit radang usus, dan gangguan peradangan lainnya.

Bromelain bahkan telah ter ekomendasikan sebagai obat pelengkap dalam pengobatan peradangan kronis dan penyakit autoimun. Sifat anti inflamasinya juga telah terbukti untuk kondisi seperti sinusitis, sakit tenggorokan, dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

 

6. Melawan radikal bebas

Buah n anas mengandung cukup banyak vitamin C dan bromelain yang memiliki sifat  yaitu antioksidan . Ketersediaan untuk antioksidan sangat kuat dalam tubuh untuk mendukung kekebalan dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

 

7. Membantu buang air besar secara teratur

Buah n anas juga mengandung sekelompok enzim yang kita sebut bromelain dapat membantu meringankan kerja pencernaan. Bromelain memfasilitasi pemecahan protein menjadi asam amino dan peptida.

Hal i ni akan membuat pencernaan lebih lancar, mengurangi gejala perut kembung, dan meningkatkan kesehatan usus .

 

8. Membantu pengobatan sinusitis

Kandungan b romelain dapat mengurangi lendir dan dahak yang menumpuk pada saluran pernapasan dan rongga sinus akibat infeksi virus. Ini juga memiliki efek kuratif pada anak kecil yang menderita sinusitis akut .

 

9. Membantu meningkatan kesehatan tulang

Kandungan kalsium, mineral mangan sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dengan mengkonsumi buah n anas s ebagai sumber makanan mineral teratas. Buah nanas dapat membantu mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.

Kita juga harus berhati-hati untuk tidak berlebihan karena asupan nya bisa berbahaya dan dapat meningkatkan risiko gangguan kognitif . Apabila kita meng kosumsi nya lebih dari 11 mg per hari .

 

Demikian pembahasan kita mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan bayi, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :