Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Melakukan Senam

Kamis 15-06-2023,20:56 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Senam adalah   suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan kecepatan, keserasian gerakan fisik teratur pada senam. Bentuk modern dari senam ialah Palang tak seimbang, balok keseimbangan, dan senam lantai.

 

Gerakan-gerakan ini memiliki ritme yang dinamis dan melatih otot untuk menjadi kuat sekaligus lebih fleksibel.   Akan tetapi jika kita melihat secara umum bagi para penikmat senam akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel.

 

Sedangkan tujuan senam sendiri adalah untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak dan akan berkembang daya tahan ototnya. Bukan hanya itu saja akan tetapi juga akan berkembang kekuatannya, powernya, kelenturannya, kelincahan, koordinasi serta keseimbangannya.

 

Kali ini kita akan membahas apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita ketika melakukan senam, antara lain:

 

1.   Meningkatkan kesehatan tulang

Senam juga untuk l atihan menahan beban agar membantu tulang tetap dalam kondisi yang baik dan mengurangi kerapuhan pada usia tua. Untuk p erempuan khususnya dapat mengalami kehilangan massa tulang seiring bertambahnya usia.

Apabila kita sudah terlibat dalam latihan menahan beban sejak usia muda dapat membantu melindungi kepadatan tulang . Serta juga bisa membantu mencegah gangguan tulang yang dapat berkembang pada usia yang lebih tua.

 

2.   Kerja sama tim

Jika kita mengingkan dan menghasilkan senam irama yang indah bagi para pesenam harus bekerja sama dengan orang lain. Setidaknya dengan yang sudah senior ataupun pelatih yang mengajari untuk mengoreksi tekniknya.

Selain itu ada juga jenis senam tari yang melibatkan lebih dari satu pesenam setiap tampil . P eningkatan kemampuan kerja sama tim merupakan salah satu manfaat senam irama yang lain yang sangat bagus untuk kita .

Bukan hanya  kesehatan fisik sajaakan tetapi juga untuk kemampuan berpikir, tetapi juga dalam bersosial dengan orang lain.

 

3.   Meningkatkan kemampuan musikal

Senam memang m irip dengan menari akan tetapi pesenam ritmik belajar bagaimana

mengoordinasikan gerak dengan musik yang ter putar. Bukan sekadar mendengar saja akan tetapi pesenam juga harus melibatkan emosi dan ekspresi.

Karena a gar seluruh gerakan bisa menjadi leboh seirama, penuh penjiwaan serta p erlu menggunakan seluruh indera untuk menyerap emosi musik . Serta untuk cara menampilkannya dalam gerakan ketika kita melakukan senam . 

Bukan hanya itu saja manfaat senam juga termasuk mengasah kemampuan musikal pada anak kita . Dengan kita berlatih maka kemampuan indera dan reflek  pesenam akan terasah guna menunjukkan kemampuan gerakan yang luar biasa.

 

4.   Meningkatkan koordinasi

Ketika kita melakukan senam maka peserta akan belajar mengendalikan emosi yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan sepersekian detik dengan tenang. Kalian akan melakukan dengan tenang dan mengarahkan gerakan yang sudah sesuai dengan lagu sambil menjaga keseimbangan dalam posisi tertentu.

Oleh k arena terbiasa mengondisikan dan melatih tubuh dengan otak, pesenam secara alami menerapkan keterampilan ini bahkan pada luar lingkungan pelatihan. Maka dari itu mereka akan mampu menerapkan koordinasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

5.  Inklusivitas

Jika kalian tahu jika senam termasuk salah satu olahraga yang bisa kita lakukan oleh siapa pun baik laki-laki ata upun perempuan . S emuanya akan ikut peran dalam ajang kompetisi seperti pada helatan olimpiade atau pertandingan internasional lainnya. 

Ketika kita m empelajari senam akan membuatmu mengambil peran dalam sisi inklusivitas akan bisa berkarya tanpa batasan gender atau pandangan kelompok. Bahkan s iapa saja akan bisa memainkannya dan tidak ada yang lebih baik satu dari pada yang lain. 

 

Demikian pembahasan kita berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapat ketika melakukan senam, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :