Ini Dia 9 Makanan Khas Daerah Sidoharjo Jawa Tengah

Rabu 14-06-2023,07:47 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –  Sidoharo adalah salah wiyalah yang berada pada Provinsi Jawa Tengah, daerah ini memiliki banyak sekali industri kecil pada daerah Sidoharjo. Karena posisinya yang kita lalui pada jalan raya Wonogiri – Ponorogo, daerah ini terkenal dengan berbagai makanan yang khas.

 

Salah satunya adalah bakso sapi yang sudah meluas sampai daerah Surakarta, akan tetapi bertani dan berternak masih menjadi mata pencaharian. Daerah Sidoharjo juga terdapat usaha industri rumah tangga dan perusahaan bus antar kota antaranya PO Purwo Widodo dan Purwo Putro.

 

Wilayah Sidoharjo juga d ekat dengan Surabaya sehingga menjadi destinasi transit karena dekat bandara dan menyimpan beragam kuliner nikmat. Makanannya khas daerah ini banyak terbuat dari ikan, udang, dan kerang.

 

Kali ini kita akan membahas 9 makanan khas Daerah Sidoharjo, antara lain:

 

1. Kue Lumpu

Makanan ini menjadi alternatif kalian untuk menjadikan oleh-oleh karena kuliner ini khas Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur . Makanan ini b erbeda karena kudapan ini justru tidak ter buat dari kentang, sehingga teksturnya lebih lembut dan lumer dari jenis serupa.

Setelah kejadian lumpur Lapindo makanan ini menjadi hidangan yang populer karena k ue lumpur khas Sidoarjo ter olah dengan cara kita bakar .

 

2. Lontong Kupang

kuliner khas Sidoarjo ini  yang berupa irisan lontong dengan kuah kaldu yang kita sajikan dengan taburan daging kupang . Makanan ini w ajib banget kita rasakan karena rasa lontong kupang yang berbahan dasar kerang kecil serta kuah dengan campuran petis.

 

3. Otak-otak Bandeng

Kuliner dengan d agingnya gurih dan lembut menjadikan otak-otak bandeng khas Sidoarjo ini enak banget kita makan dengan nasi hangat. Jika kalian ingin mencoba membuatnya yaitu cara  mengolahnya menggunakan kelapa yang kita sangra .

 

4. Bandeng Prest o

Makanan ini m asih dengan olahan bandeng ya itu  bandeng presto yang kita balur dan goreng dengan telur atau tepung . Makanan ini sangat cocok sekali untuk kita makan ketika berkunjung pada Daerah Sidoharjo.

 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Makanan Yang Terbuat Dari Olahan Ikan Lele No 4 Kalian Pasti Suka

 

5. Kerupuk Udang

Salah satu makanan yang t erkenal sebagai daerah produsen udang, Sidoarjo memiliki banyak olahan udang, salah satunya kerupuk udang ini. Kerupuk udan sendiri terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang kita tumbuk halus dan kita beri bumbu rempah.

 

6. Ote-ote

Makanan o te-ote atau weci Porong berisi tiram, cincangan rumput laut, dan dagingnya juga jadi primadona pada Daerah Sidoarjo. Makanan ini biasanya ter jual pada kawasan Porong dengan rasa yang enak ketika kita makan.

 

7. Petis Udang

Tidak hanya kerupuk udang saja akan tetapi petis khas Sidoarjo juga terbuat dari udang juga . Makanan ini mempunyai t ekstur yang memang lengket dan pekat, tapi rasanya cenderung manis.

 

8. Sate Kerang

Makanan ini b iasanya jadi pelengkap makan kupang dan kalian bisa menemukan sate kerang pada Daerah Sidoarjo. Makanan ini berbahan dasar Kerangnya yang lebih besar dan rempahnya terasa enak ketika kita makan.

Dan biasanya menggunakan kerang hijau serta daging kerangnya tidak kita bakar seperti pada umumnya akan tetapi dengan cara kita rebus.

 

9. Bandeng Asap

M akanan khas  Daearah Sidoarjo Jawa Timur ini berupa olahan dari ikan bandeng segar yang kita matangkan dengan cara pengasapan . Dengan cara ini akan menghasilkan bandeng asap dengan rasa yang khas dan lezat.

Makanan olahan ini juga bisa tahan beberapa hari tanpa kita simpan dalam lemari es sehingga cocok kita jadikan oleh-oleh. Selain itu bandeng asap mempunyai khas k ulitnya mengkilat, dagingnya pun memiliki aroma  yang khas.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 9 makanan khas Daerah Sidoharjp, semoga bisa bermanfaat. (*)

Kategori :