6 Destinasi Wisata Murah Purwokerto

Senin 12-06-2023,16:14 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Purwokerto memiliki banyak destinasi wisata yang indah, dan banyak juga yang tergolong murah. Berikut 6 destinasi wisata murah yang ada di Purwokerto.

1. Gua Sarabadak

Gua ini berlokasi di daerah Pancuran Pitu, Lokawisata Baturraden. Gua ini memiliki lanskap bebatuan alami yang diselimuti lumut. B ebatuannya berwarna kuning kecokelatan dan sangat instagramable.

K alian tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya sepeser pun kalau ke sini, alias gratis. Sayangnya, akses menuju ke sini masih agak sulit dan pintu masuknya juga cenderung kecil. 

2. Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah salah satu objek wisata bersejarah yang berada di Purwokerto. Di sini a da patung Jenderal Soedirman duduk di atas kuda yang terbuat dari bahan perunggu, beratnya sekitar 5,5 ton dengan tinggi 4,5 meter.

Kamu bisa melihat peninggalan zaman penjajahan, diorama, dan riwayat hidup seorang Jenderal Soedirman. Museum ini buka setiap hari, selama pukul 08.00-15.30 WIB. Tiket masuknya cuma Rp3 ribu.

3. Curug Gomblang

Jika anda ingin mengunjungi Curug Gomblang. Butuh waktu selama 42 menit perjalanan dengan mobil atau motor untuk menuju ke sini.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang masih hijau asri. Meski tak terlalu tinggi, wisata Curug Gomblang mampu membuat pikiran anda lebih tenang dan relax .

4. Pancuran Pitu

Lokasi Pancuran Pitu masih satu kawasan dengan Baturaden. Kalau kamu mau ke sini, kamu bisa jalan kaki atau naik kendaraan sejauh 2,5 kilometer saja. 

Pancuran Baturaden ini memiliki tujuh sumber  air panas yang katanya mampu menghilangkan banyak penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau jerawat , dll. Di dekat situ, sekitar 50 meter, ada pula Gua Sabaradak yang bisa kamu eksplorasi lebih jauh. 

5. Baturaden

Baturaden adalah obyek wisata yang paling terkenal di purwokerto . Masih asri dan sejuk, lokasinya terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangmangu. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum ke sini.

Jika kamu berkunjung ke Baturaden, k amu bisa menikmati kolam renang, pemandian air panas, kolam luncur, terapi ikan, sepeda air, dan kebun binatang mini. Ada pula museum dan teater, nantinya akan diputar film tentang  budaya dan pariwisata yang berdurasi 10 hingga 15 menit.

Harga tiket masuknya seharga Rp14 ribu, sudah bisa berenang, main sepeda air, dan menikmati pemandian air panas. Hanya tambah Rp8 ribu kalau mau berkunjung ke ke kebun binatang mini. 

6. Curug Gede.

Curug Gede t e rleta k di lereng Gunung Slamet, masih dalam kawasan Baturaden. Karena d ikelilingi perbukitan, hawanya sejuk dengan pemandangan yang luar biasa. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pepohonan rindang, seperti pohon pinus, cemara gunung, dan sebagainya.

Curug Gede cocok banget buat foto-foto, apalagi fasilitasnya cukup baik. Tiket masuknya masih tergolong murah banget, cuma Rp5 ribu. Kalau mau menginap, ada losmen, hotel, atau vila, yang tersedia di sekitar curug.

Kategori :