Manfaat dan Efek Samping Minuman Collagen, yang Perlu Kalian Ketahui

Sabtu 10-06-2023,13:12 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Minuman Kolagen memiliki banyak manfaat dan juga mempunya efek samping untuk tubuh kita. Apa saja manfaat dan efek samping dari munuman collagen?, sinak berikut ini :

Apa itu Minuman Kolagen? 

Minuman kolagen adalah minuman yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencerahkan kulit, apakah benar demikian? 

 

Kolagen adalah sejenis protein yang berperan penting dalam membangun dan menopang banyak jaringan. Mulai dari tulang dan tulang rawan hingga kulit, mata, rambut, dan sistem pencernaan. 

 

Jenis kolagen yang ada pada tubuh kita  sangat banyak, mulai dari tulang dan otot, hingga rambut dan kulit. 

faktor yang dapat memperlambat produksi kolagen  ada banyak  , termasuk penuaan, merokok, gula berlebih, sinar UV, konsumsi alkohol berlebih, dan makan makanan olahan yang  cepat saji . Hasil jangka panjang dari penurunan kolagen adalah kulit kendur dan garis-garis halus. Ini adalah dua hal yang paling ditakuti oleh banyak wanita dari sel muruj belahan  dunia.

Minuman kolagen sendiri adalah suplemen yang mengandung protein kolagen tersuspensi dalam cairan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut, kulit, kuku, dan persendian. Namun, sebagian besar penelitian tidak berfokus secara khusus pada manfaatnya. Ada beberapa risiko atau efek samping yang harus diperhatikan ketika mempertimbangkan untuk mengonsumsi minuman kolagen.

Berikut adalah manfaat dan efek samping minuman kolagen ;

 

Manfaat minuman kolagen :

1.  Haluskan Kerutan dan Tingkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat minuman kolagen terpopuler  yang pertama yaitu  untuk membantu menghaluskan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit. Kesehatan kulit adalah manfaat yang paling banyak diteliti dari mengonsumsi kolagen.

2.  Ganti Kadarnya yang Hilang

Manfaat minuman kolagen yang  ke dua adalah,   untuk membantu mengganti kadarnya yang hilang dari tubuh seiring pertambahan usia. Kolagen adalah "lem" yang menyatukan tubuh. Kolagen membuat sekitar sepertiga dari protein dalam tubuh.

3.  Sumber Protein yang Mudah Dicerna

Manfaat minuman kolagen yang ke tiga adalah  sebagai sumber protein yang mudah dicerna. Tubuh bekerja keras untuk mencerna protein dari sumber seperti ayam atau sapi, dan beberapa orang mungkin mengalami gejala pencernaan seperti bersendawa atau sakit perut setelah makan.

Efek samping minuman kolagen

selain memiliki banyak manfaat, kalian juga harus mengetahui aoa saja efek samping mengkonsumsi minuman ini. Karena minuman kolagen tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Kolagen memiliki banyak efek samping, oleh karena itu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda bila ingin mengkonsumsinya .

Kebanyakan orang yang mengkonsums minuman ini memiliki reasksi alergi . Contohnya,    bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap kerang akan cenderung bereaksi saat terpapar marine collagen, kolagen tipe 1 yang berasal dari peptida kolagen ikan. Penderita alergi ini bisa mengalami reaksi yang parah atau anaphylaxis, yakni syok akibat reaksi alergi yang berat.

 

Selain itu, suplemen kolagen cair terkadang mengandung vitamin, mineral, atau herbal. Ini mungkin aman dalam jumlah sedang, tetapi beberapa mungkin berinteraksi dengan obat seseorang dan kondisi yang mendasarinya. Beberapa juga dapat menyebabkan keracunan pada dosis tinggi, seperti zat besi.

 

Beberapa jenis suplemen dan minuman dapat secara tidak akurat mencantumkan bahan-bahannya, yang dapat berarti orang yang menghindari produk hewani tertentu karena alasan etika, diet, atau agama dapat berakhir dengan mengonsumsi sesuatu yang tidak mereka inginkan.

Nah untuk menghindari efek samping tersebut, kalian harus cermat dalam memilih minuman kolagen, pilihlah minuman kolagen yang sudah di uji kelegalitasnnya. Lebih baik lagi bila kalian konsultasikan ke dokter.

(*)

Kategori :