Tranding di Twitter Ini Perkembangan Sepatu Docmart Dari Dulu Hingga Saat Ini

Jumat 09-06-2023,16:22 WIB
Reporter : Dewi Salsabila
Editor : Dewi Salsabila

DISWAYJATENG.ID -  Twitter sempat digemparkan dengan trand sepatu docmart beberapa waktu lalu. Taukah kamu ternyata sepatu docmart sudah ada sejak dulu? Dan bagaimana perkembangannya dari dulu hingga saat ini?, simak berikut ini untuk mengetahuinya.

 

Docmart bearsal dari nama brand dan nama sang penciptanya yaitu Dr. Martens. Brand sepatu ini berasal dari inggris dan saat ini sudah mulai menyebar ke negara kita indonesia. Dr. Martens memang menjadi salah satu  brand  sepatu yang populer dewasa saat ini, khususnya di kalangan anak muda yang suka tampil berbeda lewat  fashion.

 

Sepatu ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan daya tahannya yang kuat dan tetap nyaman ketika dipakai sehari-hari.

 

Saat ini sepatu Dr. Martens sudah dikenal dibergai negara untuk mendukung street fashion. Tetapi tahukah kamu pada awalnya sepatu ini dikenal dengan sepatu boots untuk para pekerja. Mau tahu bagaimana sejarah dan perkembangan sepato dockmart simak berikur ini :

 

Sejarah Sepatu Docmart

 

Dimulai pada tahun 1901, sepatu ini pertama kali dibuat oleh keluarga Griggs yang berasal dari kota kecil Wollaston, Northamptonshire di Inggris.

 

Keluarga Griggs memang terkenal sering membuat beraneka macam  boots dan sangat diminati industri sepatu Inggris selama enam dekade.

 

Alas kaki yang dibuat oleh Griggs saat itu memiliki reputasi sebagai sepatu  boots  kerja yang kokoh dan tahan lama.

 

Keudian Pada tahun 1945, setelah perang Munich, seorang prajurit berusia 25 tahun bernama Dr. Klaus Maertens menciptakan sol berbantalan yang unik untuk menyembuhkan dirinya dari patah kaki.

 

Maertens membuat prototipe sepatu dan menunjukkannya kepada seorang teman lamanya di kampus, yakni Dr. Herbert Funk.

 

Keduanya kemudian menjalin kerja sama dan memanfaatkan perlengkapan militer bekas untuk memproduksi sepatu unik mereka.

 

Lalu Pada tahun 1947, mereka sudah mulai memproduksi sepatu dan dalam satu dekade, bisnis mereka berkembang pesat, dan kebanyakan dari produknya dijual kepada perempuan yang lebih tua.

 

Setelah beberapa tahun, akhirnya mereka memutuskan untuk mengiklankan sepatu mereka di berbagai majalah luar negeri.

Pada tahun 1960, perusahaan Griggs telah berjalan dan pengelolanya adalah generasi ketiga keluarga, Bill, bersama dengan saudara laki-lakinya, yaitu Ray, Collin, dan Max.

Bill saat itu terpikat dengan sebuah iklan sepatu asal Jerman yang menawarkan sol bantalan inovatif. Dari sinilah lisensi eksklusif diperoleh dan beberapa perubahan penting dilakukan.

Mulai dari perubahan tumit, bagian atas yang bulat namun sederhana, jahitan yang khas, tepi sol dengan kombinasi dua warna, dan pola sol yang unik.

Sepatu  boots yang kemudian dikenal sebagai airwar itu hadir dengan slogan  With Bouncing Soles.

Di tahun ini pula  boots  Dr. Martens lahir dengan adanya berbagai perubahan tersebut. Namun, saat itu sepatu ikonik tersebut masih dikenal di kalangan pekerja saja di Inggris.

Dengan adanya perkembangan fashion saat ini sepatu docmart kini mempunyai banyak inovasi dan tidak hanya digunakan untuk pekerja saja namun juga untuk memadukan outfit sehari-hari

(*)

Tags : #sepatu
Kategori :