10 Urutan Mata Uang Tertinggi di Dunia, Ada Rupiah?

Senin 05-06-2023,12:32 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Meiffio Hasanain Mayzaldin

DISWAYJATENG.ID - Mata uang adalah alat tukar yang digunakan di negara-negara di seluruh dunia. Nilai mata uang ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk kekuatan ekonomi, stabilitas politik, inflasi, dan faktor-faktor lainnya. Beberapa mata uang memiliki nilai yang tinggi, membuatnya menjadi mata uang yang paling berharga di dunia.

Berikut adalah 10 urutan mata uang tertinggi di dunia

 

1. Dinar Kuwait (KWD)

Merupakan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia.

Mata uang ini tergunakan di negara Kuwait dan setara dengan 3,30 dolar Amerika Serikat atau sekitar 48.400 rupiah Indonesia.

Sehingga nilai mata uang ini terperoleh dari sumber daya alam negara tersebut, terutama dari minyak.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Merupakan mata uang yang tergunakan di negara Bahrain. Sehingga mata uang ini memiliki nilai tinggi dan setara dengan 2,66 dolar Amerika Serikat atau sekitar 39.200 rupiah Indonesia.

Demikian pula Ekonomi Bahrain yang kuat dan industri keuangan yang berkembang menjadi faktor utama dalam menentukan nilai mata uang ini.

3. Dinar Yordania (JOD)

Mmerupakan mata uang yang tergunakan di Yordania. Sehingga mata uang ini setara dengan sekitar 1,41 dolar Amerika Serikat atau sekitar 20.200 rupiah indonesia.

Demikian pula dengan kekuatan ekonomi dan stabilitas politik Yordania berperan dalam menentukan nilai mata uang ini.

4. Rial Oman (OMR)

Rial Oman merupakan mata uang resmi di Oman. Sehingga mata uang ini setara dengan sekitar 2,60 dolar Amerika Serikat atau sekitar 38.900 rupiah Indonesia.

Demikian pula oman memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama minyak, yang berkontribusi pada nilai tinggi dari rial Oman.

5. Pound Suriah (SYP)

pound Suriah merupakan mata uang yang tergunakan di Suriah. Oleh karena itu meskipun Suriah mengalami situasi politik yang tidak stabil, mata uang ini masih memiliki nilai tinggi.

Sehingga satu pound Suriah setara dengan sekitar 0,47 dolar Amerika Serikat atau sekitar 7000 rupiah indonesia.

6. Euro (EUR)

Euro merupakan mata uang yang tergunakan oleh 19 negara di Uni Eropa. Sehingga mata uang ini memiliki nilai yang tinggi dan sering tergunakan sebagai patokan dalam perdagangan internasional.

Demikian pula nilai euro berfluktuasi tergantung pada kondisi ekonomi di kawasan Eropa. satu euro setara dengan 16.000 rupiah Indonesia.

7. Dolar Brunei (BND)

Kategori :