Kulkas Muncul Bunga Es, Ini Penyebabnya!Nomor 2 Sering Kita Lakukan

Senin 22-05-2023,18:49 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Kulkas muncul bunga es dan cepat bersalju, hampir semua pemilik alat pendingin ini pernah mengalami hal ini. Bagian  pendingin yang bersalju ini menunjukkan kondisi kulskas anda kurang begitu sehat.

Kejadian seperti ini umumnya terjadi pada kulkas satu pintu. Merangkum dari berbagai sumber dan penjelasan para teknisi kulkas, ada beberapa penyebab terjadinya ini.

Munculnya bunga es  pada bagian freezer bisa terjadi karena beberapa hal, berikut beberapa penyebab munculnya bunga es pada kulkas anda.

Penyebab Munculnya Bunga Es

1. Sering membuka pintu kulkas

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan kulkas satu pintu anda muncul bunga es yang menebal adalah karena terlalu sering membuka kulkas.

Kulkas satu pintu merupakan jenis kulkas yang terdiri dari 1 pintu saja. Karena itu, saat anda membuka pintu kulkas, maka bagian dalam akan terbuka semua.

Ketika pintu terbuka, udara hangat dari luar akan masuk ke dalam freezer. Ini akan menambah volume uap air dalam freezer.

Uap air inilah yang lama kelamaan akan membeku dan membentuk lapisan bunga es.

2. Memasukkan makanan atau minuman panas

Memasukkan makanan dan minuman panas pun dapat berisiko untuk membuat munculnya bunga es. Uap air yang keluar dari makanan panas akan menambah kelembaban dalam kulkas.

Ini akan berpotensi untuk terbentuknya bunga es pad kulkas.

3. Membiarkan wadah air terbuka

Sebaiknya anda tidak membiarkan wadah berisi air dalam kondisi terbuka. Karena hal ini dapat menjadi penyebab munculnya bunga es. Uap air yang terbentuk pada cairan dengan wadah terbuka tersebut akan menguap dan mengembun. Lalu akan menempel pada sekitar dinding kulkas anda.

Lama kelamaan uap air tersebut akan membeku dan menyebabkan terjadinya penumpukan bunga es.

Fenomena kemunculan bunga es sebenarnya tidak hanya terjadi pada kulkas satu pintu saja. Akan tetapi kulkas dua pintu dan peralatan mesin pendingin lainnya pun bisa saja mengalaminya.

Kategori :