10 Contoh Organisasi Nirlaba dan Pergerakannya

Selasa 16-05-2023,19:44 WIB
Reporter : Mochamad Anjas Pangestu
Editor : Mochamad Anjas Pangestu

DISWAY JATENG- Contoh organisasi nirlaba merupakan sebuah kumpulan orang yang merancang visi untuk tujuan bersama. Visi ini terbilang mulai karena bertujuan untuk kemanusiaan. Untuk itu, organisasi nirlaba menjadi tujuan pengabdian terhadap kemanusiaan.

Berikut Contoh Organisasi Nirlaba:

1. Badan Amal Red Cross

Organisasi kemanusiaan yang berfokus pada penyediaan bantuan darurat, pemulihan bencana, donor darah, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

2. World Wildlife Fund (WWF)

Organisasi lingkungan hidup yang bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati dan habitat alam di seluruh dunia.

3. UNICEF (United Nations Children's Fund)

Organisasi yang berkomitmen untuk melindungi hak anak-anak di seluruh dunia dengan memberikan akses ke pendidikan, perawatan kesehatan, nutrisi, dan perlindungan.

4. Amnesty International

Organisasi yang berdedikasi untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan melakukan advokasi, pemantauan pelanggaran, dan kampanye kesadaran.

5. Habitat for Humanity

Selanjutnya organisasi yang membangun rumah terjangkau bagi keluarga yang membutuhkan, serta memberikan akses ke perumahan yang layak dan aman.

6. Médecins Sans Frontières (Doctors Without Borders)

Selanjutnya organisasi medis yang menyediakan bantuan kemanusiaan di daerah-daerah yang terkena konflik, bencana alam, atau terpinggirkan.

7. Wikimedia Foundation

Organisasi yang mendukung proyek-proyek seperti Wikipedia dan proyek-proyek kolaboratif lainnya yang berusaha menyediakan akses terbuka dan bebas ke pengetahuan bagi semua orang.

8. Oxfam

Organisasi yang berfokus pada pengentasan kemiskinan, ketidakadilan, dan ketidaksetaraan di seluruh dunia melalui program-program pengembangan komunitas, kesehatan, pendidikan, dan advokasi.

9. American Cancer Society

Organisasi yang berkomitmen dalam memerangi kanker melalui pendidikan, penelitian, dukungan bagi pasien, dan upaya pencegahan.

10. The Salvation Army

Organisasi agama yang menyediakan bantuan dan dukungan sosial bagi orang-orang yang membutuhkan, termasuk pengungsi, tunawisma, dan korban bencana.

Setiap organisasi nirlaba ini memiliki misi dan tujuan yang unik, tetapi semuanya bertujuan untuk memberikan manfaat sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat dan dunia di sekitar mereka. Tentu contoh organisasi nirlaba juga akan banyak kita jumpai di Indonesia. Mungkin pada artikel depan kita akan membahas organiasi nirlaba yang banyak di Indonesia. Sehingga referensimu menjadi lebih komplit dan luas.(*)

Kategori :

Terkait