Hari Pertama PPDB Masih Didominasi Jalur Zonasi, Pendaftar Baru 10 Persen dari Kuota

Selasa 31-05-2022,14:04 WIB
Reporter : Maiwan Dani Ristanto
Editor : M Sekhun

TEGAL (Disway Jateng) – Hari pertama jumlah Pendaftar Peserta Didik Baru (PPDB) masih didominasi jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua. Tetapi, antusiasme orang tua siswa yang mendaftar baru sekitar sepuluh persen. Hal itu karena kebanyakan masih mencari sekolah yang tepat.

 

"Jumlah pendaftar masih sekitar 10 persen dari daya tampung di sekolah negeri," kata Sekdin Disdikdibud Kota Tegal, Herlien Tjokrowati.

 

Kebanyakan orang tua yang datang ke posko atau sekolah mereka masih bingung menentukan sekolah untuk anaknya. Sehingga mereka masih sekadar berkonsultasi dengan tim. Saat ini jumlah pendaftar masih didominasi dari jalur zonasi, namun beberapa ada yang mengunakan jalur perpindahan tugas orang tua.

 

"Hari pertama server aman, dari sistem dapat terlihat kebanyakan mendaftar mengunakan jalur zonasi," ujarnya.

 

Untuk jalur zonasi sendiri nilai tertinggi dihitung jarak terdekat dengan sekolah, yakni jarak sekolah satu lingkup dengan RT nilainya 5, RW nilainya 4, Kelurahan nilainya 3, Kecamatan nilainya 2 dan di luar kecamatan nilainya 1. Pendaftaran dapat dilakukan selama 24 jam. Tetapi untuk pengecekan berkas secara online hanya selama jam kerja. Sedangkan di sekolah ada posko yang membantu konsultasi PPDB.

 

"Berkas yang kurang lengkap otomatis tertolak di sistem PPDB," jelasnya. (mei/wan)

Kategori :