Lebaran Lezat dengan Ketupat Opor Ayam, Eits! Tapi Jangan Berlebihan Bisa Bahaya

Senin 02-05-2022,09:39 WIB
Editor : Ismail F

JAKARTA, (DiswayJateng)-- Lebaran identik dengan makanan berbuka di pagi hari sebagai pertanda telah selesainya bulan Ramadan. Ketupat opor ayam menjadi menu spesial di hari raya. Ada pula yang menyajikan makanan yang bersantan lain seperti opor, rendang, sambal goreng kentang, dan lain-lain.

Memang lezat dan mantap. Namun, patut diperhatikan agar tidak terlalu berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi makanan hari raya yang banyak mengandung santan dan pedas.

Terdapat potensi bahaya bagi tubuh kamu jika tidak dibatasi saat mengonsumsinya. Mulai dari penyakit jantung, stroke, serangan jantung, hingga serangan jantung yang bisa ditimbulkan dari memakan santan terlalu banyak.

Sebab hal ini berkaitan dengan lemak jenuh yang terdapat dalam santan, meski ada beberapa vitamin dan mineral yang terkandung.

Jika kamu ingin memakan makanan bersantan saat Lebaran, berikut ini batasan memakan santan yang bisa kamu ikuti, dikuttip dari laman Hello Sehat.

Memakan santan sebenarnya tidak ada batasan per harinya untuk dikonsumsi.

Menurut situs American Heart Association, manusia hanya boleh mengonsumsi kalori dari dari lemak jenuh adalah enam persen dari kalori total.

Dengan santan yang memiliki lemak jenuh tinggi, maka harus dibatasi sesuai anjuran.

Tags :
Kategori :

Terkait