Enam Pos Kesehatan Tersebar di Jalur Mudik Brebes, IGD RS Siaga Penuh

Sabtu 30-04-2022,08:15 WIB
Editor : Ismail F

BREBES (DiswayJateng)- Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyiapkan enam pos kesehatan yang tersebar dan tergabung dalam posko terpadu mudik lebaran. Posko terpadu akan difungsikan penuh selama 24 jam yang terbagi 3 shift.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengungkapkan, enam pos kesehatan yang tergabung dalam posko terpadu tersebar enam titik. Yakni, gerbang masuk Cisanggarung sebagai pintu masuk ke Jawa Tengah. Kedua, Gate Tol Pejagan, Rest Area 252 dan 260, alun-alun dan Pintu Air Songgom untuk wilayah selatan.

"Pos kesehatan mudik, mulai difungsikan Kamis (28/4) hingga Minggu (8/5). Melibatkan, personel dari 14 rumah sakit dan 38 puskesmas," jelasnya.

Selain enam pos kesehatan mudik, lanjut Ineke, Dinkes juga menyiagakan 55 unit mobil ambulance dan 44 ambulance sepeda motor untuk memperlancar evakuasi atau pertolongan kegawatdaruratan selama arus mudik lebaran.

Pos di lokasi pariwisata berada di Pantai Randusanga Indah, Mangrove Pandansari, wilayah tengah Banjarharjo Waduk Malahayu dan Pasir Gibuk. Selain itu, wilayah selatan Kaligua dan Tuk Sirah.

"Setiap pos kesehatan, melayani pemeriksaan kesehatan, P3K, Vaksinasi, dan promosi kesehatan termasuk rujukan. Bahkan, disiapkan sampling rapid swab antigen," terangnya.

Ineke menuturkan, fungsi lain enam pos kesehatan mudik terpadu dan enam pos kesehatan di Obyek Wisata ini juga menyediakan layanan vaksinasi baik dosis 1, 2 maupun booster. Sehingga, capaian vaksinasi bisa terus digenjot untuk mendongkrak perluasan target.

Sementara itu, RSUD Brebes menyiagakan tim medis selama 24 jam yang terbagi 3 shift. Bahkan, sarpras dan fasilitas penanganan laka lantas sudah disiapkan sepanjang arus mudik mulai 28 April hingga 8 Mei mendatang.

Tags :
Kategori :

Terkait